Review Perbedaan Oppo R9s Dan R9 Plus

Perbedaan Oppo R9s dan R9 Plus – Oppo dikabarkan akan kembali merilis smartphone terbarunya yang diberi titel Oppo R9s. Seri R ini tentu mengingatkan pada ponsel Oppo sebelumnya yakni Oppo R9 atau R9 Plus. Smartphone ini tentunya memiliki perbedaan dari hal spesifikasi maupun harga. Meskipun seri R9s masih dalam status rumor, sedikit banyak kita bisa mengintip spesifikasi yang ada didalamnya.

Baca dulu tentang : Harga Oppo R9 Plus

Oppo R9s dikabarkan akan di perkenalkan pada bulan ini sebagai smartphone terbaru buatan Oppo. Jika kita melihat perbedaan dari kedua handphone kelas menengah tersebut, masing masing memiliki keunggulann sendiri – sendiri.

Namun secara keseluruhan, keduanya berada pada level yang sama yakni membidik kelas menengah keatas. Oppo R9s masih belum diketahui kisaran hargaya, namun beberapa sumber menyebutkan bahawa Oppo R9s dibanderol seharga 5.8 juta. Harga ini terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan R9 Plus karena harga R9 Plus dibanderol diatas 6 jutaan.

Review singkat perbedaan Oppo R9s dan R9 Plus

Teknologi jaringan
Dari segi jaringan, kedua smartphone ini tidak jauh berbeda. Keduanya mengusung jaringan yang super lengkap. Kita bisa mengakses internet berkecepatan tinggi dengan teknologi jaringan 4G LTE.
Untuk waktu perilisan, keduanya memiliki rentang waktu beberapa bulan dimana R9 Plus telah dirilis pada bulan Maret 2016 sedangkan R9s diperkirakan pada bulan Oktober atau November 2016. Untuk di Indonesia tentunya masih menunggu waktu perilisan ponsel selfi ini.

Review Perbedaan Oppo R9s Dan R9 Plus
Oppo R9 Plus

Dimensi
Dari segi dimensi, juga akan berbeda mengingat keduanya juga memiliki perbedaan pada ukuran layar. Oppo R9 Plus memiliki luas layar 6 inch sedangkan R9s dibekali layar seluas 5.5 inch. Ukuran layar R9 Plus memang terbialng sangat besar, bisa juga smartphone ini disebut sebagai phablet berkat layar jumbonya. 

Layar
Resolusi layar dari keduanya sama – sama memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan warna yang berbeda. R9s memiliki kerapatan warna yang lebih tinggi sebesar 401 ppi pixel sedangkan R9 Plus memiliki kerapatan warna 367 ppi pixels. 

Untuk perlindungan layar, R9s masih belum diketahui detailnya. Sedangkan R9 Plus telah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 4 dengan Color Os 3.0. 

Platform
Sistem operasi dari kedua ponsel ini berbeda. Oppo R9s baru telah dibekali dengan OS Marsmallows, sedangkan R9 Plus dibekali dengan OS Lollipop. 

Hardware
Keduanya akan berjalan dengan mulus berkat dukungan chipset Snapdragon serta prosesor Octa-core. R9s yang baru dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 sedangkan R9 Plus dibekali dengan Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652.

Dengan performa mesin pacu tersebut, maka kedua handphone ini akan berjalan cepat diatas Os masing masing saat menjalankan berbagai aplikasi android baik secara multitasking ataupun aplikasi berat lainnya..

Kedua hp berlayar besar ini dibekali dengan grafis Adreno yang berbeda. R9s dengan Adreno 506 sedangkan R9 Plus dengan Adreno 510. Tampilan grafis saat bermain game akan lebih memikat dengan adanya grafis Adreno ini. Bagitu juga saat menggunakan berbagai aplikasi lain yang menampilkan grafis dengan sentuhan yang kaya akan warna.

Memory
Sektor memory dari kedua ponsel ini terbilang sama. Internal memori dari keduanya memiliki kapasitas 64 Gb. Sedangkan untuk kapasitas RAM dari kedua hp pintar ini adalah 4 GB. Kapasitas ini terbilang besar untuk kelas menengah dan tentunya akan membuat semakin lancar di dalam mengoperasikan berbagai aplikasi secara bersamaan. Membuka berbagai aplikasi berat secara bersamaan  tidak akan menjadi masalah berkat spesifikasi  internal memori dan RAM yang besar.

Kamera
Untuk kamera, baik R9s maupun R9 Plus dibekali dengan kemampuan kamera yang hampir sama. Keduanya sama – sama mengusung kekuatan lensa berukuran 16 MP baik pada kamera depan maupun kamera belakang. 

Meski demikian keduanya memiliki perbedaan pada ukuran sensor kamera. Oppo R9s disematkan dengan ukuran sensor 1/2.3" sedangkan pada Oppo R9 Plus dibekali dengan ukuran sensor 1/2.8". Ukuran sensor ini berperan di dalam menangkap cahaya dan objek yang akan dibidik sehingga akan terlihat lebih detail.

Review Perbedaan Oppo R9s Dan R9 Plus
Oppo R9s

Berbagai fitur pada bagian kamera juga telah disematkan untuk mendapatkan foto yang lebih baik. Namun sayang jika keduanya tidak dibekali dengan dual LED Flash.

Video
Keduanya sama – sama mampu mengahasilkan rekaman sampai 2160p@30fps. Dengan hasil tersebut maka kualitas rekaman video Oppo R9s dan R9 Plus tidak perlu diragukan lagi. Setiap moment akan berhasil diabadikan dengan kualitas rekaman video yang ciamik.

Fitur lain
Untuk fitur lain seperti sound, loudspeaker, comms terbilang sama. Fitur bluetooth juga disematkan kedalam masing – masing hp buatan Oppo tersebut dengan versi yang berbeda.

Fitur radio tampaknya tidak tersedia untuk kedua hp canggih tersebut. Sedangkan untuk fitur lain seperti sidik jari dan gyro, baik R9s maupun R9 Plus sudah tersemat di dalamnya. Dengan fitur fingerprint, maka kita bisa menggunakannya untuk mengunci ponsel maupun berbagai aplikasi favorit kita sehingga keamanan dan privacy akan lebih terjaga. 

Dengan adanya fitur gyro, kedua smartphone tersebut bisa dipakai buat VR atau Vitual Reality menggunakan kacamata khusus VR.

Baterai
Keduanya dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Oppo R9 Plus memiliki kapasitas baterai yang lebih besar daripada R9s yakni 4120 mAh. Sedangkan untuk R9s dibekali dengan baterai berkapasitas 3010 mAh. Masing masing baterai tersebut bertipe non removable yang artinya tidak bisa kita lepas.

Kedua handphone buatan Oppo tersebut telah dibekali dengan fitur pengisian baterai yang lebih cepat. Untuk Oppo R9 Plus telah dibekali dengan fitur VOOC Flash Charge, sebuah fitur yang dikembangkan oleh pihak Oppo dimana dpat mempercepat pengisian daya baterai sampai 4x lipat.

Baca juga : 

Perbedaan Harga Oppo R9s dan R9 Plus

Kedua seri buatan Oppo tersebut memiliki perbedaan dalam harga. Oppo R9s dibanderol lebih murah daripada Oppo R9 Plus. Berikut detail harganya :
  • Harga Oppo R9s Rp.5.8 juta
  • Harga Oppo R9 Plus Rp.6.6 juta
Masing masing tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan. Dengan melihat spesifikasi diatas maka kita bisa memilih berdasarkan spek yang kita inginkan serta budget yang ada pada kantong kita. Agar lebih lengkap,kita bisa melihat perbedaan spesifikasi dari kedua hp Oppo secara lengkap dibawah ini.


Spek Oppo R9s Oppo R9 Plus
Jaringan GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
Kecepatan HSPA, LTE HSPA, LTE
GPRS Ya Ya
EDGE Ya Ya
Status Rumor Rilis Maret 2016
Dimensi - 163.1 x 80.8 x 7.4 milimeter
Berat - 185 g (6.53 oz)
SIM Card Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Tipe layar Capacitive touchscreen, 16M warna Capacitive touchscreen, 16M warna
Ukuran layar 5.5 inch 6.0 inch
Resolusi 1080 x 1920 pixels kerapatan ~401 ppi pixel 1080 x 1920 pixels kerapatan ~367 ppi pixel
Multitouch Ya Ya
Perlindungan Corning Gorilla Glass 4
Color OS 3.0
Platform Android OS, v6.0.1 (Marshmallow) Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652
Prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 Octa-core (4x1.8 GHz Cortex-A72 & 4x1.2 GHz Cortex-A53)
Grafis Adreno 506 Adreno 510
Memory eksternal microSD,sampai 256 GB microSD, sampai 256 GB (uses SIM 2 slot)
Memory Internal 64 GB, RAM 4 GB RAM 64/128 GB, RAM 4 GB
Kamera belakang 16 MP, f/2.0, LED flash, phase detection autofocus, 16 MP, f/2.0, LED flash, phase detection autofocus,
Fitur kamera 1/2.3" sensor size, face detection, HDR, panorama, 1.55µm pixel size, touch focus, geo-tagging 1/2.8" sensor size, panorama, HDR, geo-tagging, face detection, touch focus
Video 2160p@30fps, 1080p@30fps 2160p@30fps, 1080p@30fps
Kamera depan 16 MP, f/2.0 16 MP, f/2.0
Suara Vibration; WAV ringtones , MP3 Vibration; WAV ringtones , MP3
Loudspeaker Ya Ya
3.5mm jack Ya Ya
Active noise cancellation with dedicated mic Active noise cancellation with dedicated mic
Comms WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot, dual-band, WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot, dual-band
Bluetooth v4.2 v4.1
GPS Ya, with A-GPS Ya, with A-GPS
Port Infrared Tidak Tidak
Radio Tidak Tidak
USB Ya microUSB v2.0, USB Host
Fitur lain Sensors sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, compass Sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, compass
Pesan SMS (threaded view), Push Email, MMS, Email SMS (threaded view), Push Email, MMS, Email,
Browser HTML5 HTML5
Java No No
Fast battery charging - Fast battery charging: 75% in 30 min (VOOC Flash Charge)
MP4/H.264 player - MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
- MP3/WAV/eAAC+/FLAC player Document viewer
Document viewer Photo/video editor
Photo/video editor
MP4/H.264 player
Baterai 3010 mAh Non-removable tipe Li-Po 4120 mAh Non-removable tipe Li-Po
Warna pilihan Gold, Rose Gold Gold


Demikian review singkat tentang perbedaan Oppo R9s dan R9 Plus. Kehadiran dari Oppo R9s patut dinanti dengan spesifikasi yang terbilang tangguh dan harga yang lebih murah daripada pendahulunya, R9 Plus. Semoga memberikan gambaran yang berguna bagi sobat semua yang sedang mencari dan memilih salah satu handphone buatan dari Oppo.

0 Komentar untuk "Review Perbedaan Oppo R9s Dan R9 Plus"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.