Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i, Seri Lama Belum Tentu Kalah Spek

Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i – Dua smartphone keluaran Xiaomi yang masih dalam satu varian ini menjadi salah satu produk Xiaomi yang banyak diminati oleh para pencari gadget murah dengan spesifikasi yang mumpuni. Meskipun masih satu varian Xiaomi Mi4 dan Xiaomi Mi4i memiliki perbedaan yang mencolok. Kedua smartphone memiliki rentang waktu peluncuran yang cukup jauh. Xiaomi Mi4 dirilis pada bulan desember 2014 sedangkan Mi 4i dirilis pada bulan April 2015.

Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i, Varian Lama Belum Tentu Kalah Spek
Perbedaan mendasar dari Xiaomi Mi4 dan Xiaomi M4i adalah sistem operasi android yang ada didalamnya. Mi4 lama dibekali dengan Os android Kitkat sedangkan Mi4i dibekali dengan Os Lollipop. Namun untuk teknologi jaringan, keduanya memiliki spesifikasi yang mirip salah satunya adalah telah dibekali dengan teknologi 4G LTE.


Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i

Desain

Kedua handphone buatan Xiaomi tersebut memiliki desain yang menarik dengan balutan bahan yang memberikan kesan elegan. Untuk dimensi tidak terlalu memiliki perbedaan yang mencolok. Keduanya hampir sama dalam hal dimensi.

Untuk berat ponsel sendiri, Xiaomi Mi4 memiliki berat 149 gr sedangkan Xiaomi Mi4i memiliki berat lebih ringan yakni 139 gr.

Layar

Keduanya memiliki spesifikasi layar yang tidak jauh berbeda. Seperti sama – sama menggunakan tipe layar IPS LCD 16 warna dengan luas layar 5.0 inch. Resolusi layar dari kedua handphone Xiaomi tersebut juga sama yakni 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan warna yang sama juga sebesar 441 ppi pixels. Jadi kualitas layar dari keduanya akan terlihat tidak ada perbedaan.

Platform

Seperti telah disinggung diatas, Xiaomi Mi4 dan Xiaomi Mi4i memiliki perbedaan dalam hal sistem operasi yang digunakan. Mi4 masih menggunakan OS android Kitkat sedangkan Mi4i telah dibekali dengan OS Lollipop.

Memory

Kapasitas memory memiliki persamaan yakni adanya varian yang menyediakan kapasitas internal memory 16 GB dan 32 GB. Perbedaan dari kapasitas memori internal tentunya akan membuat perbedaan pada harga Xiaomi tersebut.

Namun untuk kapasitas RAM Mi4 lama memiliki kapasitas RAM yang lebih besar yakni 3 GB sedangkan untuk Mi4i hanya 2 GB. Perbedaan yang mungkin sedikit membuat kita kaget bahwa ponsel lama memiliki kapasitas RAM yang lebih tinggi daripada ponsel varian baru.

Kedua handphone tersebut sama – sama tidak dibekali dengan slot kartu memory. Sehingga sobat harus puas dengan ruang penyimpanan di memory hp yang disediakan.

Mesin pacu

Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i dalam hal hardware yang mendukungnya adalah seri dari chipset Qualcomm Snapdragon. Xiaomi lama dibekali dengan chipset Snapdragon 801 sedangkan Mi4i dibekali dengan Snapdragon 615.Untuk CPU Mi4 dibekali dengan prosesor Quad-core berkecepatan 2.5 GHz Krait 400 sedangkan Mi4i dibekali dengan prosesor Octa-core 4x1.7 GHz Cortex-A53 dan 4x 1.0 GHz Cortex A53.

Sektor grafis sama sama di support oleh Adreno dengan seri berbeda yakni Mi4 dengan Adreno 330 sedangkan Mi4i dengan Adreno 405.

Kamera

Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i, Varian Lama Belum Tentu Kalah Spek


Kedua smartphone buatan Xiaomi dibekali kamera utama dengan kekuatan lensa yang sama yakni sebesar 13 MP. Untuk kamera utama Mi4 hanya dibekali dengan single LED flash sedangkan Mi4i dibekali dengan dual LED Flash (dual tone).

Untuk kamera depan, Xiaomi Mi4 lebih unggul dengan kekuatan lensa 8 MP sedangkan Xiaomi Mi4i harus mengalah dengan lensa kamera 5 MP. Perbedaan disektor kamera ini tentu membuat sobat sedikit bingung karena Xiaomi keluaran baru ternyata tidak sepenuhnya unggul dalam hal spesifikasi, seperti sektor kamera ini.

Begitu juga dengan hasil rekaman video, Mi4 lama dapat merekam sampai 2160p@30fps sedangkan Mi4i hanya sampai 1080p@30fps.

Fitur lain

Untuk fitur lain, kedua handphone tidak terlalu memiliki perbedaan. Baik Mi4 dan Mi4i sama – sama tidak dibekali dengan sensor fingerprint. Kedua handphone ini dibekali dengan fitur Fast charging yang membuat pengisian baterai hp lebih cepat. Mi4 lama mampu mengisi baterai 60 persen dalam waktu 30 menit sedangkan Mi4i dapat mengisi baterai sebesar 40% dalam 60 menit. Jadi Mi4 lama akan lebih cepat dalam pengisian daya baterai daripada Mi4i yang baru.

Baterai

Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i pada sektor baterai hanya selisih sedikit saja. Mi4 dibekali dengan baterai berkapasitas 3080 mAh sedangkan Mi4i dibekali dengan baterai 3120 mAh dengan tipe baterai sama – sama Non-Removeble.

Baca juga :


Perbedaan harga Xiaomi Mi4 dan Mi4i

Keduanya memiliki perbedaan harga yang terbilang mencolok. Di kutip dari Lazada.co.id, harga dari kedua handphone tersebut adalah sebagai berikut :
  • Xiaomi Mi4 16 GB  : Harga Rp.1.470.000
  • Xiaomi Mi4i 16 GB : Harga Rp.2.418.000


Harga terpaut kurang lebih 900an ribu. Dengan perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i dalam spesifikasi yang telah diulas tersebut, diharapkan sobat bisa lebih dapat memilih varian Xiaomi sesuai dengan kebutuhan sobat sendiri dan tentunya sesuai dengan budget yang ada.

0 Komentar untuk "Perbedaan Xiaomi Mi4 dan Mi4i, Seri Lama Belum Tentu Kalah Spek"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.