Perbedaan Oppo F1 Plus Dengan Oppo F1s Picture? Bagus Mana? Ini Ulasannya!

Perbedaan Oppo F1 Plus Dengan Oppo F1s – Oppo telah sukses meluncurkan smartphone bertajuk Oppo F1 Plus dan sekarang Oppo telah melanjutkan seri F1s yang menjadikan Oppo sebagai smartphone yang sukses di dalam penjualan nya. Di Indonesia, Oppo berhasil merebut posisi kedua sebagai ponsel terlaris setelah Samsung J1 Mini dengan penjualan Oppo F1 dan Oppo Neo 7 (kuartal II, April-Juni, data Counterpoint). Kembali ke perbedaan Oppo F1 Plus dengan Oppo F1s, kedua smartphone ini dikenal dengan performa kamera nya. Memang cocok bagi sobat yang menyukai fotografi dan foto selfie, sobat dapat mengeksplor fitur – fitur foto yang ada didalamnya. Selfie Expert menjadi jargon baru bagi peluncuran Oppo seri F1.


Perbedaan Oppo F1 Plus Dengan Oppo F1s Picture? Bagus Mana?

Perbedaan Oppo F1 Plus dengan Oppo F1s disektor kamera?

Sobat pasti bertanya – tanya, adakah perbedaan di sektor kamera antara Oppo F1 Plus dengan F1s dan bagus mana? Pada dasarnya, kedua smarphone ini memiliki spesifikasi kamera yang sama. Kamera belakang sama – sama dibekali dengan kekuatan 13MP dengan bukaan 2.2 dan kamera depan dibekali dengan lensa berkekuatan 16 MP dengan bukaan kamera f/2.0. Kedua smartphone ini memang diperuntukan bagi sobat yang hobi banget berfoto selfie. Kekuatan lensa di bagian depan memiliki spek yang lebih tinggi daripada kekuatan lensa dibagian belakang.

Untuk masalah video recording, keduanya juga memiliki kesamaan yakni mampu merekam sampai 1080p@30 fps.

Perbedaan Oppo F1 Plus dengan Oppo F1s disektor layar, IPS vs AMOLED

Kedua smartphone buatan Oppo ini sama – sama memiliki luas layar 5.5 inch. Namun keduanya memiliki perbedaan tipe layar. Oppo F1s Picture dibekali layar bertipe IPS sedangkan Oppo F1 Plus dibekali dengan tipe AMOLED. Nah tentu Anda bertanya – tanya, bagus mana untuk kualitas layarnya?

Layar IPS memungkinkan untuk memberikan visualisasi layar yang lebih luas dengan padangan dari sudut yang kecil pun dapat terlihat. Namun sisi kelemahan layar IPS yakni lebih banyak mengkonsumsi daya baterai. Sedangkan AMOLED memiliki konsumsi daya baterai yang relatif kecil bahkan mampu menghemat daya sampai 40%. Kecerahan warna layar AMOLED juga tinggi dengan pengaturan warna RGB yang baik sehingga tampilan foto dan video relatif baik. Saat layar AMOLED dilihat dibawah sinar matahari langsung, tampilannya tetap relatif lebih jelas. Layar AMOLED biasanya disematkan pada smartphone kelas menengah keatas.

Meskipun keduanya sama – sama memiliki luas layar 5.5 inch, kedua smartphone ini memiliki perbedaan resolusi layar. Oppo F1s memiliki resolusi 720 x 1280 pixels dengan kerapatan warna ~267 ppi pixel. Sedangkan Oppo F1 Plus memiliki resolusi yang lebih tinggi yakni 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan warna ~401 ppi pixel. Dari sektor layar, Oppo F1 Plus terlihat lebih unggul dari F1s

Untuk platform dari keduanya memiliki spesifikasi yang sama yakni memiliki OS android Lollipop dengan Corning Gorilla Glass 4.

Sektor dapur pacu juga terbilang sama, namun kecepatan Oppo F1 Plus terlihat lebih unggul dengan Octa Core bercepatan 2.0 GHz, sedangkan F1s dibekali prosesor Octa-core berkekuatan 1.5 GHz. Lagi – lagi, disektor dapur pacu, Oppo F1 Plus terlihat lebih unggul daripada Oppo F1s.

Tidak hanya prosesor saja yang memiliki perbedaan, sektor penyimpanan dan kapasitas RAM juga terdapat perbedaan. Internal memory pada Oppo F1s dibekali kapasitas 32 GB. Kapasitas ini memang terbilang cukup, namun Oppo F1 Plus memiliki kapasitas yang lebih superior yakni 64 GB.

Perbedaan Oppo F1 Plus dengan Oppo F1s  di sektor memory dan RAM
Lagi – lagi Oppo F1 Plus mengungguli F1s karena kapasitas RAM F1 Plus sebesar 4GB sedangkan F1s hanya 3 GB.

Untuk beberapa fitur wajib seperti bluetooth, berbagai sensor, fitur koneksi internet, serta fitur lain terbilang masih sama.

Untuk kapasitas baterai, kedua smartphone memiliki perbedaan. Oppo F1s dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar yakni 3075 mAh sedangkan Oppo F1 Plus dibekali dengan kapasitas baterai 2850 mAh. Namun seperti kita ketahui sebelumnya, jika Oppo F1s membutuhkan daya baterai lebih besar karena layar bertipe IPS.

Perbedaan Oppo F1 Plus dengan Oppo F1s disektor harga, mencolok!

Untuk harga dari kedua smartphone ini adalah sebagai berikut :
  • Harga Oppo F1s : Rp.3.649.000 (September 2016)
  • Harga Oppo F1 Plus : Rp.5.499.000 (September 2016)
Dari harga tersebut, kita bisa melihat jika Oppo F1 Plus memiliki harga yang jauh lebih mahal dari Oppo F1s. Hal ini mungkin terlihat masuk akal karena beberapa spesifikasi Oppo F1 Plus mengungguli  Oppo F1s.

Perbedaan Oppo F1 Plus dengan Oppo F1s  disektor dapur pacu menjadi fokus utama mengapa perbedaan harga keduanya terlihat mencolok. Kualitas layar, prosesor dan kapasitas internal memori dari Oppo F1 Plus lebih tinggi daripada Oppo F1s sehingga harga Oppo F1 Plus tentunya lebih mahal. 

Bisa dikatakan, kedua smartphone ini memiliki kesamaan, yakni sebagai ponsel selfie. Perbedaanya, pada sektor hardware dimana spesifikasi F1 Plus lebih tinggi.

Kalau boleh dibilang, Oppo F1s adalah selfie expert versi murah dari Oppo.

Semoga memberikan gambaran yang jelas bagi sobat semua mengenai perbedaan Oppo F1 Plus dengan Oppo F1s. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Komentar untuk "Perbedaan Oppo F1 Plus Dengan Oppo F1s Picture? Bagus Mana? Ini Ulasannya!"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.