Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Lemot

Kali ini rud-Arsenio.com akan berbagi tentang bagaimana cara merawat hp android agar tidak lemot. Seperti kita ketahui, jika dari waktu ke waktu berbagai aplikasi menarik terus bermunculan. Hal ini akan semakin mengurangi kapasitas memori khususnya memori internal ponsel. Memang tidak menjadi masalah bagi beberapa smartphone android yang memiliki kapasitas internal memori yang besar, namun jika hp Anda hanya memiliki memory yang berkapasitas tidak terlalu besar maka tentunya akan menjadi masalah, lama kelamaan akan membebani kinerja ponsel.

Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Lemot

Selain kapasitas internal memori, yang perlu kita perhatikan adalah kapasitas RAM. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin ringan pula dalam menjalankan berbagai aplikasi di smartphone android kita.

Agar performa hp android kita selalu cepat dan “ON” terus, maka perlu kita memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Lemot

1. Sebelum membeli hp baru, ketahui spesifikasinya

Sebelum membeli smartphone, tentu kita mencari beberapa referensi untuk handphone yang akan kita beli. Hal pertama agar smartphone kita nantinya tetap memiliki performa yang baik dan tidak mudah lemot, kita harus memilih spesifikasi handphone yang tangguh, tentunya disesuaikan dengan budget. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih adalah spesifikasi pada CPU, RAM, Internal memory dan GPU atau pengolah grafis. Komponen hardware ini harus memiliki spesifikasi mumpuni agar nantinya saat kita memakai smartphone tersebut, tidak mudah terjadi masalah berkaitan dengan performa.

2. Uninstal berbagai aplikasi yang tidak dipakai

Jika Anda suka menginstal berbagai aplikasi, maka pikirkan terlebih dahulu, apakah aplikasi tersebut akan benar - benar kita pakai. Jika kita berpikiran suatu saat akan kita pakai, lebih baik uninstall saja. Toh kita bisa menginstalnya saat kita mau memakainya disaat itu juga, kita tinggal buka playastore dan langsung install ke hp kita. Namun seringkali kita berkeyakinan bahwa aplikasi tersebut sangat penting dan dibutuhkan suatu saat. Tetapi keyataannya sering kita tidak membukannya, bahkan belum sempat atau malah lupa sama sekali. 

Beberapa fakta menyebutkan jika beberapa aplikasi android yang kita install tidak kita gunakan secara regular. Oleh karena itu, aplikasi yang seperti ini kita uninstall saja.

3. Gunakan microSD berkualitas

Jika saat bermain game, file installer dan data file game tersebut kita simpan di memori eksternal, maka perlu akses dari ponsel ke memori eksternal. Jika memori eksternal tidak berkualitas, sulit dibaca oleh sistem, maka akan menyebabkan beban pada sistem android kita untuk mengaksesnya. Oleh karena itu kita harus memilih microSD yang benar benar mudah di baca dan tentunya cepat saat diakses.

Kita bisa mengetesnya dengan menyimpan beberapa giga file dengan berbagai format file. Kemudian kita buka file atau folder per folder. Bisa kita lakukan baik menggunakan Aplikasi File Manager di hp android dan dengan komputer atau laptop. Jika dalam membuka berbagai file dan folder cukup cepat, maka performa microSD tersebut baik sehingga dapat kita gunakan di handphone android kita.

4. Simpan file media ke MicroSD

Jika Anda telah memiliki microSD yang berkualitas, Anda dapat menyimpan berbagai file media di memori eksternal atau MicroSD. Hal ini dapat mengurangi beban dan kapasitas internal memori ponsel kita.

5. Instal aplikasi Cleaner untuk smartphone android

Beberapa file yang tidak di pergunakan terkadang tidak kita ketahui. Kita tidak mengetahui file – file sampah karena terdapat tidak cuma di satu folder saja. Oleh karena itu kita butuh aplikasi untuk mencari file – file sampah tersebut dan menghapusnya. Biasanya beberapa smartphone terkini sudah diberi aplikasi penghapus file sampah ini, namun jika belum ada, bisa dicoba dan diinstal aplikasi penghapus file yang tidak terpakai. Misalnya CC Cleaner, Anda dapat mendownloadnya di Playastore. Kemudian tinggal menjalankannya, selesai.

6. Personalisasi tampilan sewajarnya

Terkadang kita ingin membuat tampilan interface android kita lebih menarik. Bahkan kita menginstal beberapa launcher atau tema di smartphone kita. Padahal kita hanya menggunakan satu saja tema atau launcer pada android kita secara bergantian. Itupun terkadang kita jarang menggonta ganti tampilan tema. Alangkah baiknya jika beberapa launcher kita hapus karena biasanya kita hanya memakai 1 atau 2 launcher sebagai gantinya. Selebihnya kita jarang untuk mengganti tampilan tema ponsel kita.

Namun jika Anda sering dan suka gonta – ganti tema, maka batasi jumlah tema / launcher. Pilihlah tampilan tema yang ringan agar kinerja smartphone android tidak mudah lemot.

7. Tutuplah aplikasi yang tidak dipakai

Saat kita memakai handphone, terkadang kita lupa untuk keluar atau exit dari aplikasi tersebut.Cenderung kita langsung menekan tombol Home agar langsung cepat balik arau keluar ke menu Home. Tetapi sebenarnya aplikasi tersebut masih terbuka. Jika lama kelamaan kita tidak menutup aplikasi – aplikasi ini maka akan banyak sekali aplikasi yang terbuka, sehingga akan membebani kerja ponsel. Hal ini tentunya akan membuat smartphone menjadi lemot, baterai cepat panas dan dapat menurunkan kinerja hardware ponsel.

Untuk mengetahui beberapa aplikasi yang kita jalankan masih terbuka atau tidak, cukup menekan tombol Menu beberapa saat, kemudian akan kita ketahui beberapa aplikasi yang tadinya kita buka dan masih terbuka. Jika banyak sekali aplikasi yang terbuka, maka kita bisa menutupnya dengan sekali geser kesamping atau keluar.
Nah itulah 7 tips Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Lemot. Ketujuh cara tersebut dapat Anda terapkan pada ponsel android anda, demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Cara Merawat Hp Android Agar Tidak Lemot"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.