Ini Penyebab Hp Meledak Dan Tips Menjaga Android Kita Tetap Aman Dan Awet

Hp meledak, ternyata bukan isapan jempol belaka. Banyak yang telah menjadi korban karena hp mereka meledak. Beberapa waktu yang lalu, kejadian ini terjadi di Negara China, bocah berumur dua belas tahun menjadi korban dari ponsel miliknya yang meledak.

Ini Penyebab Hp Meledak  Dan Tips  Menjaga Android Kita Tetap Aman Dan Awet


Kejadian lain yakni ditemukanya gadis yang tewas yang diduga tersengat aliran listrik bersama ponselnya, iPhone 4S. Gadis remaja dari Tiongkhok tersebut diperkirakan tewas saat menggunakan smartphone ditangannya  yang sedang dalam kondisi di charge. 

Pihak forensik menduga jika remaja  tersebut tewas terkena aliran listrik menggunakan charge yang bukan bawaan asli dari ponselnya.

Di Indonesia, beberapa tahun yang lalu, korban dari ledakan ponsel juga dialami oleh seorang bocah dari Tabanan Bali dimana nyawanya tidak terselamatkan. Ledakan tersebut terjadi karena bocah membakar ponsel dan membuat baterai didalamnya meledak. 

Berikut 7 faktor yang bisa menjadi penyebab hp kita meledak dan terbakar

1.    Menggunakan charger tidak original
Kita disarankan untuk menggunakan produk original dari suatu vendor ponsel. Penggunakan barang yang tidak asli akan menyebabkan hp kita menjadi tidak normal dan bisa membahayakan bagi para penggunanya. Pengunaan charge original juga telah diuji dengan standar produksi yang sudah ditetapkan sehingga dapat lebih menjamin tingkat keamanannya.

2.    Memakai charge mobil yang berkualitas rendah
Jika Anda sedang didalam mobil, kemudian mengisi baterai dengan charge yang tersambung pada mobil, maka gunakan charge atau kabel penghubung yang berkualitas. Jika tidak maka dapat saja menyebabkan korslet di hp Anda, dapat juga karena pergeseran colokan ke ponsel Anda tidak tertancap dengan baik sehingga terjadi arus pendek.

3.    Memakai charge dari jenis perangkat lain
Misalnya jika Anda memiliki smartphone, kemudian menggunakan charge dari suatu tablet atau charge perangkat yang lain, maka bisa saja menyebabkan baterai hp Anda menjadi cepat panas sehingga dapat saja terjadi kerusakan pada ponsel Anda. Hal ini tak lain dari besarnya kapasitas arus listrik yang berbeda antara ponsel dan tablet.

4.    Mengisi baterai yang sudah penuh
Para ahli mengungkapkan jika baterai yang telah penuh dan di charge dalam waktu tertentu akan memungkinkan terjadinya ledakan karena overheating.

5.    Memakai baterai yang  telah rusak atau cacat
Jika kita tidak mengganti baterai yang rusak atau cacat maka bisa saja terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Ponsel dapat saja terjadi arus pendek didalamnya sehingga hp dapat saja terbakar.

6.    Memakai hp saat di charge
Memakai hp terutama telpon saat ponsel di charge dapat menyebabkan overheating atau panas yang berlebihan. Kejadian buruk bisa saja terjadi jika panas berlebihan terjadi saat kita menggunakan ponsel tersebut.

7.    Meletakkan di dekat sumber yang panas
Bisa saja terjadi, kita meletakkan hp kita didekat sumber yang panas. Misalnya, ibu – ibu yang sedang memasak didapur, kemudian meletakkan ponselnya di dekat kompor. Ini tentu akan membuat ponsel Anda panas dan jika berlangsung lama maka tentu saja dapat meledak karena terlalu dekat dengan sumber panas.

Nah sebaiknya Anda hindari melakukan hal – hal seperti diatas, sebagai tambahan agar hp android Anda tetap aman dan awet maka disarankan melakukan beberapa langkah sederhana seperti dibawah ini :

1. Sebaiknya jangan letakkan hp disaku belakang celana  Anda. Hal ini untuk menghindari tekanan pada body smartphone kita. Tekanan pada ponsel di saku celana khususnya bagian belakang akan membuat  kinerja hardware terganggu dan bisa juga menimbulkan ledakan.

2. Jangan letakkan hp di laci mobil
Saat cuaca panas, meletakan hp di laci mobil menjadi cara yang kurang baik. Ponsel akan menjadi panas dan dapat merusak komponen didalam hp kita.

3. Jangan meletakan di tas tertutup tanpa  airplane mode / mode pesawat
Pernahkah Anda mengambil ponsel dari tas dan Anda merasakan body ponsel panas? Jika pernah, hal ini dikarenakan tidak ada sirkulasi udara, padahal baterai terus bekerja untuk mendapatkan sinyal. Solusinya gunakan mode pesawat agar hp kita tidak terus – terusan mencari sinyal sehingga baterai dapat “beristirahat” dan bateraipun tidak cepat habis. 

 

Baterai Smartphone Zaman Sekarang

Saat ini kebanyakan ponsel menggunakan tipe baterai Li-Ion. Baterai ini memiliki kelebihan dengan bobot yang ringan serta ramping. Pengisian baterai juga bisa dilakukan dengan cepat serta ketahanan dalam menyimpan daya listrik juga terbilang awet. Tetapi tipe baterai ini juga memiliki kelemahan yakni sensitif terhadap suhu. Suhu yang yang tinggi pada baterai Li-ion dapat saja menimbulkan suatu ledakan.

0 Komentar untuk "Ini Penyebab Hp Meledak Dan Tips Menjaga Android Kita Tetap Aman Dan Awet"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.