Penyebab Baterai Hp Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Apa penyebab baterai hp kita cepat panas dan habis? Bagaimana cara mengatasinya? Mungkin perlu mengetahui beberapa sebab mengapa baterai ponsel kita cepat panas. Tetapi kita sering tidak peduli jika hp Android kita selalu demikian. Padahal jika hal ini terus berlangsung maka dapat saja menurunkan kinerja pada hardware smartphone kita, khususnya kinerja baterai yang semakin menurun, baterai menjadi mudah drop.

Saat ini hp pintar baik berbasis Android, windows mobile maupun yang lain tidak hanya kita gunakan sebagai alat komunikasi saja. Tetapi sekarang kita pakai untuk beberapa keperluan. Seperti browsing mengunakan fasilitas internet, mengirim email dan lain lain.

Dengan banyaknya berbagai aplikasi dengan menawarkan berbagai fitur untuk menunjang segala keperluan atau kebutuhan kita maka terkadang banyak masalah yang terjadi pada hp kita, termasuk hp yang cepat panas.

Untuk menngetahui penyebabnya dan cara mengatasinya silahkan simak terus ulasannya di bawah ini :

1. Multitasking yang berlebihan

Smartphone memang perangkat yang canggih. Kita dapat menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan atau multitasking. Tetapi jika penggunaan aplikasi secara berlebihan maka akan membuat hp android kita cepat panas. Membuka banyak sekali aplikasi dapat membuat baterai menjadi cepat panas. Cara mengatasi : batasi penggunaan aplikasi, jika ada aplikasi yang berjalan di “belakang layar”, sebaiknya matikan terlebih dahulu. Misalnya Anda sedang menelphone teman atau saudara, tetapi beberap fitur lain masih aktif, wifi dan hotspot Anda aktif, tentu ini akan membuat kerja baterai semakin keras sehingga membuat hp kita cepat panas.
Penyebab Baterai Hp Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

2. Sinyal yang sulit

Jika Anda berada di perjalanan kemudian hp android Anda di letakkan di dalam tas, maka hp Anda bisa saja cepat panas. Hal ini karena ponsel anda akan bekerja ekstra keras untuk memperoleh sinyal karena Anda sedang dalam perjalanan ditambah ponsel Anda berada didalam tas. Tentu kerja baterai akan menjadi ekstra keras untuk mendapat sinyal bagi smartphone Anda sehingga smartphone kita akan menjadi panas. Cara mengatasi, jika dalam perjalanan dan memungkinkan Anda menggunakan mode pesawat, gunakan saja mode pesawat, dengan resiko saat itu Anda tidak dapat dihubungi oleh siapapun.

3. Kualitas hardware diragukan

Kualitas hardware berpengaruh untuk membuat hp kita cepat panas. Kualitas yang rendah dapat membuat ponsel kita cepat panas dan baterai mudah drop.  Untuk itu pilihlah ponsel dengan kualitas dan spesifikasi yang baik. Carilah referensi dari berbagai sumber sebelum membeli hp kesayangan kita.

4. Memakai hp saat di charge

Kita sering melakukan ini dirumah bukan? Tentu kita merasakan hp kita cepat panas, apalagi kita sedang browsing ditambah mendengarkan musik. Cara mengatasi : untuk menghindari hal tersebut maka kurangi dalam menggunakan hp saat discharge apalagi membuka beberapa aplikasi seperti browsing dan bermain game.

5. Timeout Display yang lama

Menggunakan beberapa menit layar ponsel kita untuk mati juga akan membuat ponsel kita cepat panas. Mengatur ke angka 2 sampai 5 menit mungkin akan terlalu lama. Sehingga akan membuat kerja baterai menjadi ekstra dan tentunya membuat panas ponsel kita. Cukup atur 30 detik atau 1 menit saja, kita bisa sedikit mengurangi panas di ponsel dan sedikit menghemat kerja baterai.

6. Terlalu banyak aplikasi

Kok bisa ya terlalu banyak aplikasi dapat membuat ponsel kita panas? Logikanya begini, jika banyak aplikasi yang  selalu terhubung  ke internet dan melakukan update, maka jelas kerja ponsel terutama baterai ponsel akan terkuras karena “dipaksa” mendapatkan data yang dibutuhkan lewat sinyal jaringan operator maupun koneksi wifi. Kerja baterai yang berat karena “dipaksa” oleh banyak aplikasi yang ingin update, otomatis hp mejadi “berkeringat” atau panas. Berbagai aplikasi chat, social media, game dan aplikasi yang “menginginkan” update sebaiknya Anda seleksi kembali, mana aplikasi yang sering digunakan dan aplikasi yang jarang digunakan. Aplikasi yang menurut Anda tidak terlalu penting sebaiknya dibuang saja.

0 Komentar untuk "Penyebab Baterai Hp Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.