2 Kuliner Enak Khas Temanggung, Brongkos Dan Kikil

Brongkos Dan Kikil Kuliner Enak Khas Temanggung – Apakah Anda penyuka masakan dari olahan daging kambing? Jika Iya tentu Anda tidak asing lagi dengan sate kambing ataupun gulai kambing. Kedua kuliner dari daging kambing ini memang sudah populer di masyarakat. Dimanapun kita berada, sate dan gulai kambing selalu menjadi incaran para penikmat masakan dari daging kambing. Selain itu, tongseng kambing juga sangat nikmat dan patut untuk dicoba. Namun belum lengkap rasanya jika Anda belum merasakan masakan khas olahan daging kambing  dari Kota Temanggung Jawa Tengah ini, Kikil dan Brongkos.

2 Kuliner Enak Khas Temanggung, Brongkos Dan Kikil


Kedua jenis masakan dari daging kambing khas Temanggung ini sangat lezat dengan kuah santan yang menggoda selera. Untuk kuliner kikil memiliki warna kuah yang khas yakni kemerahan dan tidak terlalu kental, sehingga saat kita menyantapnya dapat menikmati kuah yang begitu segar. Sedangkan untuk masakan brongkos kuahnya berwarna coklat tua atau sedikit kekuningan dengan rasa yang lezat tentunya.

Untuk Kikil daging kambing, biasanya disediakan utuh, misalnya Anda menginginkan kaki kambing, maka masakan kikil daging kambing ini akan dihidangkan utuh berupa kaki kambing dengan kuah encer yang menggiurkan. Bisa juga kita memesan lidah kambing, maka akan dihidangkan lidah kambing yang lunak dan nikmat untuk disantap. Memang terlihat ekstreem , tetapi bagi penyuka daging kambing tentu asyik – asyik aja :-D.

Untuk brongkos daging kambing, masakan khas Temanggung yang satu ini disajikan dalam hidangan daging kambing yang telah dipotong – potong dengan kuah yang berwarna coklat tua atau sedikit merah kekuningan. 

Kedua kuliner khas Temanggung ini bisa Anda dapatkan di Kecamatan Tembarak, 10 km dari kota atau alun – alun Temanggung, cukup dekat karena perjalanan dari kota tidak lebih dari 20 menit. Biasanya warung yang menyediakan masakan ini terletak di kecamatan Menggoro tepatnya di pasar Menggoro Tembarak. Warung brongkos yang terkenal bernama Warung Bu Pujo, yang telah lama berjualan masakan ini.

Banyak para penikmat kuliner yang datang dari luar kota Temanggung menyempatkan untuk datang ke warung kikil dan brongkos Bu Pujo. Bahkan menurut Bu Pujo, dalam sehari, 15 pasang kaki kambing dapat habis. Kita dapat menikmati mulai dari kaki kambing, lidah bahkan sampai otak. Cukup mengeluarkan 15 ribu kita dapat menikmati masakan khas dari Temanggung ini.

Temangggung tidak hanya menyajikan tempat wisata yang menarik, tetapi kita dapat menikmati kuliner khas dari kota Temanggung yang berhawa sejuk ini.

0 Komentar untuk "2 Kuliner Enak Khas Temanggung, Brongkos Dan Kikil"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.