Cara Mudah Mengatasi CD Dan DVD Yang Rusak

Menyimpan data di CD ataupun DVD adalah cara yang sering kita lakukan untuk menyimpan file atau data penting dengan aman tanpa takut data tersebut akan rusak. Tetapi meskipun begitu, dalam kurun waktu tertentu bisa jadi CD atau DVD tersebut menjadi rusak dimana indikasinya adalah sulit dibuka atau pembacaannya lama. Dengan indikasi tersebut, biasanya kita beranggapan jika CD tersebut telah rusak. Namun Anda jangan panik dulu dan terburu - buru beranggapan jika data yang ada di dalamnya hilang. Kita masih bisa menyelamatkan data - data tersebut dengan cara mudah dan sederhana.
CD atau DVD yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti tergores, kotor ataupun cacat. Selain itu, saat proses pembakaran atau burning juga bisa berpengaruh terhadap proses pembacaan data CD tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa membersihkannya dengan cairan Cleaner yakni cairan khusus pembersih CD atau DVD. Gunakan kain yang lembut, jika tidak memiliki cleaner khusus pembersih CD, kita bisa menggunakan sabun yang lembut yang dicampur dengan air. Jika telah dibersihkan, tunggulah sampai permukaannya kering. Cara membersihkan permukaan CD yang baik adalah  dengan mengelap dari bagian dalam ke luar, jangan sekali – kali membersihkan dengan cara memutar.

Selain cara manual diatas, kita bisa menggunakan aplikasi trial yang dapat merecovery data kita baik pada CD ataupun DVD.  Kita bisa menggunakan free CD Data Rescue atau Multi Data Rescue™ v4.1 buatan Naltech. Silahkan Anda download di situs resminya : www.naltech.com. Demikian info singkat mengenai cara  mengatasi CD dan DVD yang bermasalah, semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi CD Dan DVD Yang Rusak"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.