Cara Merawat Hardidsk Eksternal, PC Dan Laptop Agar Lebih Awet


Cara merawat harddisk pada PC, laptop maupun disk eksternal tidaklah sulit untuk kita lakukan. Namun seringkali kita melupakannya. Kita sering tidak menyempatkan untuk merawat hardware yang satu ini. Padahal perangkat keras ini merupakan komponen penting dalam sebuah laptop maupun komputer. Alangkah baiknya disela kesibukan menggunakan laptop, kita menyempatkan barang sejenak untuk melakukan perbaikan agar dapat lebih awet. Kita akan sangat kecewa jika data – data penting dalam  harddisk kita hilang karena kerusakan bukan? Nah dibawah ini ada beberapa tips untuk merawatnya agar lebih awet dan file – file kita tetap aman tersimpan didalamnya.

Cara Merawat Hardidsk Eksternal, PC Dan Laptop Agar Lebih Awet

1. Defrag

Selama kita memakai komputer ataupun disk eksternal, kita telah melakukan proses membuat sebuah file ataupun menghapus file. Oleh karena itu maka banyak terjadi celah  pada disk yang kita pergunakan. Lubang atau ruang tersebut bisa disebut  telah mengalami defragmentasi. Disk yang telah mengalami defragmentasi tersebut akan memperlambat kinerja komputer karena file yang masih baru tersimpan pada ruang yang kosong.  File tersebut akan terpaksa dibagi  menjadi sektor – sektor atau kita sebut cluster. Untuk itu kita perlu untuk melakukan defragment pada harddisk. Kita juga perlu melakukan defragment terhadap harddisk eksternal.


Baca juga : Cara mempartisi harddisk tanpa instal ulang pada windows


2. Shut Down


Lakukan proses mematikan computer dengan benar yakni melalui proses shut down pada sistem Windows. Jika kita sering mematikan computer atau laptop tanpa proses shutdown yang benar maka sama halnya kita merusak laptop kita. Ketika  mematikan, tutup semua aplikasi, jangan ada program yang berjalan.

3. Hindari panas berlebih


Kita sering tidak sadar menggunakan laptop atau hardisk eksternal yang terpasang pada perangkat laptop sampai panas. Jika ini berlangsung terus menerus maka akan menyebabkan kerusakan. Proses membaca data akan berlangsung lambat dan tersendat sehingga akan mengganggu pekerjaan kita. Jika kita menggunakan laptop, jangan sampai kita letakkan pada tempat yang dapat menghambat sirkulasi udara. Info lengkap pada 7 tips merawat laptop agar lebih awet.

4. Format harddisk


Jangan sering melakukan format pada hdd kita jika memang dirasa tidak perlu. Terlalu sering memformat harddisk akan menyebabkan bad sector. Jadi lakukan jika Anda terpaksa saja untuk memformatnya.

5. Hindari Goncangan

Goncangan disini berupa  jatuh atau terbentur secara keras. Jagalah laptop atau harddisk eksternal Anda, jangan sampai jatuh atau terbentuk benda yang keras. Selain kerusakan fisik, data yang ada didalamnya juga akan kacau balau.

6. Gunakan stabilizer


Jika Anda menggunakan PC maka bisa saja terjadi mati listrik secara mendadak atau tegangan listrik turun secara tiba – tiba. Tentu ini dapat mempercepat kerusakan pada hardware ini, bahkan motherboard juga dapat rusak. Untuk itu kita memerlukan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik yang mengalir di computer kita tetap stabil. Anda bisa menggunakan UPS yang dapat menyimpan listrik sehingga jika sewaktu – waktu mati listrik kita bisa mematikan komputer kita melalui menu shut down.

Nah itulah tips cara merawat harddisk agar lebih awet, semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Komentar untuk "Cara Merawat Hardidsk Eksternal, PC Dan Laptop Agar Lebih Awet"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.