Tips Merawat Printer Agar Awet, Tidak Macet Dan Warna Tetap Bagus


Tips Merawat Printer Agar  Awet, Tidak Macet Dan Warna Tetap Bagus
Perangkat elektronik memang rentan untuk bermasalah, seperti printer jika tidak dirawat maka bisa saja ngambek. Agar printer dapat lancar terus maka kita harus merawatnya secara periodik. Banyak sekali masalah yang timbul jika printer kurang perawatan, seperti hasil cetakan yang buruk serta warna tidak keluar secara maksimal.
Untuk masalah tersebut maka ada beberapa tips agar printer kita tidak macet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

1. Gunakan printer secara berkala
Untuk menjaga agar kualitas cetakan bagus,  baik warna maupun hitam – putih maka gunakan printer secara periodik. Gunakan printer 2 sampai dengan 3 kali seminggu. Hal ini akan membuat aliran tinta menjadi lancar. 

2. Matikan printer jika tidak digunakan
Dengan mematikan printer saat kita tidak menggunakannya maka dapat mecegah tertutupnya lubang – lubang aliran printer dalam kepala printer .
3. Bersihkan printer
Bersihakan kotoran yang ada di dalam printer satu atau dua minggu sekali. Hal ini untuk menjaga kemampuan printer dalam mncetak kertas. Bersihkan printer dari benda – benda seperti penjepit kertas atau lainnya. Tempatkan printer di tempat yang bersih. Jika tempat sering berdebu, maka tutuplah printer dengan plastik.
4. Jagalah catridge
Saat memasukkan tinta lakukan dengan hati – hati. Jangan sampai merusak catridge karena catridge sangat sensitive dan memiliki aliran listrik yang halus.  Untuk itu kita harus hati – hati saat memasang ataupun memasukkan tinta.
5. Pakai Diagnostic tools
Gunakan diagnostic tools atau software yang dapat membantu merawat printer mengatasi berbagai masalah yang ada.  Sempatkan waktu Anda untuk mempelajarinya, hal ini akan berguna dalam merawat kinerja printer.
6. Matikan printer jika terjadi kegagalan dalam mencetak
Matikan printer jika terjadi kegagalan dalam mencetak. Hal ini biasanya sering terjadi, kita bisa melepas kabel printer sesaat, kemudian menyalakan kembali dan biasanya printer akan kembali normal.
Nah itulah tips dalam merawat printer kita agar tidak mudah macet saat saat kita menggunakannya. Dengan perawatan tersebut maka kwalitas warna baik hitam maupun warna akan dapat lebih awet dan bertahan lebih lama.

0 Komentar untuk "Tips Merawat Printer Agar Awet, Tidak Macet Dan Warna Tetap Bagus"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.