Bahaya Main Game Tanpa Antivirus Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Main Game Tanpa Antivirus Serta Cara Mengatasinya
Banyak yang bermain game online tanpa mengaktifkan antivirus. Hal ini sangat berbahaya jika menggunakan perangkat computer pribadi di rumah. Bisa – bisa virus menyusup ke computer Anda dan mengambil atau menghilangkan data pribadi Anda. Tentu hal ini tidak diinginkan.

Lalu mengapa mereka mematikan antivirus saat bermain game online? Alasanya sederhana, saat bermain game membutuhkan memori yang besar, mereka menganggap jika antivirus akan semakin membebani kinerja PC mereka.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga keamanan Eset pada 1000 gamer yang berasal dari Inggris ditemukan jika 30% menyatakan jika mereka menutup aplikasi keamanan atau antivirus pada PC mereka sebelum bermain game online.
Dan ternyata banyak dari komputer atau laptop mereka terinfeksi malware atau virus. Infeksi tersebut berupa malware yang cukup merepotkan dimana harus membutuhkan waktu untuk menghilangkannya kurang lebih selama dua hari.

Apa saja yang perlu diwaspadai oleh gamer saat bermain game online? Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dalam memainkan game online.

1. Phishing
Situs – situs game yang membahayakan atau situs game palsu dapat memberikan ancaman saat memainkan game online. Alamat situs yang mirip aslinya dapat menipu kita dan apabila tidak berhati – hati maka kita dapat terjebak dan computer kita akan terkena malware yang dapat merusak data pribadi di computer atau laptop kita.

2. Situs media sosial
Banyak akun – akun media palsu yang digunakan untuk melancarkan tindak kejahatan. Akun media sosial tersebut mengaku sebagai pengembang resmi dari game yang sedang digunakan. Untuk itu harus hati – hati agar jangan sampai terkena tipu oleh akun media sosial tersebut, seperti akun facebook palsu yang sudah banyak bertebaran di dunia maya.

3. Game dengan konten malware
Game tidak resmi dengan file crack biasanya akan mengandung malware yang dapat menyusup di computer dan berpotensi menyebar gangguan di PC/Laptop Anda. Software cheat juga dapat membawa malware jika kita tidak berhati – hati. Waspada juga terhadap email attachment dan penggunaan USB drive yang sering kali menjadi sumber masuknya virus dan malware.

4. Malware
Waspadai malware yang terus mengalami perkembangan dan tentunya sangat menggangu aktivitas kita didepan computer. Salah satu malware yang mengganggu dan perlu di waspadai adalah  Win32/PSW.OnLineGames yang merupakan jenis Trojan yang memiliki target para pemain game online. Malware ini muncul melalui keylogging serta rootkit yang melalui proses pengumpulan informasi dan data user gamer.

Untuk mengatasi masalah malware tersebut, pihak ESET menyarankan:
Yang pertama agar selalu menggunakan antivirus saat bermain game online. Selalu update antivirus Anda secara realtime.
Kedua, Gunakan juga password yang tidak mudah di tebak atau dibuka, gunakan kombinasi kode password.

Ketiga, gunakan url yang benar, atau ketikan url yang akan dimainkan. Hal ini untuk menghindari url – url palsu atau menghindari salah klik pada url tertentu yang muncul di search engine.
Keempat, download game di situs resmi, sebisa mungkin hindari crack karena sangat berpotensi untuk membawa malware didalamnya
Kelima, sebaiknya hindari patch untuk melakukan sebuah cara curang atau cheat pada game yang Anda mainkan, karena penggunaan patch bisa juga disusupi oleh malware yang tidak kita inginkan


Sumber: kompas tekno

0 Komentar untuk "Bahaya Main Game Tanpa Antivirus Serta Cara Mengatasinya"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.