Wah Tenyata Planet Kembaran Bumi Sangat banyak!

 Wah Tenyata Planet Kembaran Bumi Sangat banyak!
Para ilmuwan telah banyak menemukan planet – planet yang memiliki kembaran dengan bumi. Sebut saja Kepler-186f, 62f, 62e, 296e, 296f, dan 440b. Tahun ini, ilmuwan Nasa kembali menemukan planet yang menyerupai bumi dimana planet ini juga mengitari bintang seperti matahari. Planet ini diberi nama Kepler-452b, cukup menghebohkan para pemerhati antariksa karena planet ini merupakan planet yang paling mirip dengan bumi.

Usia planet ini jauh lebih tua daripada bumi yakni 6 miliar tahun, sedangkan planet bumi hanya 4,85 miliar tahun. Untuk luas planet juga lebih besar daripada planet bumi dimana planet Kepler-452b ini memiliki diameter sebesar 60% lebih besar daripada yang dimiliki oleh bumi serta memiliki jarak 1.400 tahun cahaya dari bumi tepatnya terletak pada rasi bintang Cygnus.

Seperti bumi, planet Kepler-452b juga mengitari bintang serta membutuhkan waktu 385 hari untuk mengitarinya, waktu ini lebih lama daripada bumi dimana bumi membutuhkan waktu 365 hari dalam mengitari matahari.

Para ilmuwan berpendapat jika planet Kepler-452b sangat mendukung untuk wilayah dengan memiliki kandungan zat cair dimana ini adalah sumber daripada kehidupan. Kemiripan planet ini juga terdapat pada jumlah energi yang didapat dari matahari. Sinar matahari yang didapat oleh planet kepler ini sangat mirip dengan bumi seperti yang dikatakan Jon Jenkins.

Menurut Tim Nasa, gravitasi pada planet Kepler-452b memiliki gaya gravitasi dua kali lipat daripada di bumi.  Namun lebih lanjut para ilmuwan belum dapat memastikan apakah planet Kepler-425b  memiliki elemen air maupun udara seperti di permukaan  bumi atau tidak.

Menurut ahli Astronomi Universitas Nottingham Trent, Dr. Daniel Brown, jika benar planet Kepler-452b menerima spectrum serta intensitas cahaya yang sama seperti di bumi maka dimungkinkan tanaman yang ada di bumi bisa tumbuh disana.

Selanjutnya ilmuwan mengatakan jika planet Kepler ini memiliki atmosfir tetapi belum dapat dipastikan terbuat dari apa atmosfir tersebut. Jika perkiraan geografisnya dapat dipastikan maka kemungkinan Planet Kepler-452 ini memiliki atmosfir lebih tebal daripada di bumi serta memiliki gunung berapi yang tentunya masih aktif.

Suatu peradapan bisa terbentuk jika semua bahan serta kondisi yang ada di planet Kepler-452b ini mendukung.

Bagaimana Planet Kepler ditemukan?

Wah Tenyata Planet Kembaran Bumi Sangat banyak!
Misi pencarian planet Kepler dimulai tahun 2009
 
Pesawat Antariksa Kepler
Misi pencarian planet Kepler dimulai tahun 2009. Untuk observasi dilakukan pada tahun tersebut tepatnya bulan Mei 2009 sampai dengan April 2013 dan berhasil dalam mendeteksi lebih dari 554 calon planet. Mulai bulan Januari 2015 jumlahnya semakin banyak mencapai 4.175 buah planet.

Daftar untuk planet kembaran bumi juga ditemukan pada bulan Januari yang lalu yakni Kepler-440b, 442b serta 438b. Daftar planet ini semakin manambah planet yang mirip dengan bumi.

0 Komentar untuk "Wah Tenyata Planet Kembaran Bumi Sangat banyak!"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.