7 Fakta Menarik Tentang Dasyatnya Petir

 Dasyatnya Petir dan halilintar
Banyak orang takut akan dasyatnya halilintar yang menyambar dengan suara yang memekakkan telinga. Sering terjadi kerusakan pada televisi atau barang elektronik jika sudah terkena sambaran petir yang tidak di duga – duga. 

Memasuki musim penghujan biasanya ditandai dengan awan mendung yang tebal, suara petir dan kilat menyambar diiringi angin dan hujan yang lebat. Di Indonesia musim hujan tahun 2015 ini datang pada bulan Oktober atau November kususnya disebagian kota di Jawa Tengah.

Mungkin saat ini musim penghujan mengalami sedikit keterlambatan. Biasanya musim hujan sudah turun pada bulan Agustus, tetapi tahun ini musim hujan datang agak terlambat dari biasanya.

Diawal musim penghujan, kilat dan petir sering menyambar dengan suara yang dasyat. Tahukah Anda jika ada hal menarik mengenai petir ini? Berikut rangkumannya dalam 7 fakta menarik mengenai dasyatnya petir.

1. Sambaran petir ternyata lebih panas daripada permukaan matahari atau sekitar 15.000 – 20.000 derajat celcius. Dengan kisaran tersebut tentu kita tidak dapat membayangkan panasnya jika mengenai tubuh seseorang.

2. Suara petir datang pasti akan didahului oleh sambaran kilat. Hal ini berlaku sebaliknya. Jika sambaran kilat tidak diikuti suara  maka jarak antara kita dan suara tersebut sangat jauh.

3. Sambaran kilat berlangsung sangat cepat, hanya 0,2 detik! Sambaran ini diikuti oleh sambaran lain pada jalur sambaran yang sama. Sambaran ini dapat menyalakan 100 juta bola lampu dalam waktu sesaat.

4. Menurut ilmuan, diperkirakaan terjadi 1.800 kali petir terjadi dalam waktu yang sama. Di kota Florida Amerika Serikat terjadi petir sebanyak 26 juta hingga 30 juta kali pertahun. Ini merupakan daerah yang memiliki petir terbesar dan terdasyat.

5. Petir sering menyerang lebih dari 4 km dari pusat badai petir pada tempat yang sama sekali tidak hujan dan tidak berawan.

6. Petir dapat menyambar seseorang meskipun orang tersebut berlindung dibawah pohon.

7. Indonesia merupakan Negara dengan sambaran petir yang cukup tinggi karena kondisi meteorologis dari Negara Indonesia itu sendiri.

0 Komentar untuk "7 Fakta Menarik Tentang Dasyatnya Petir"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.