Tak Disangka, Borobudur Adalah Sebuah Kalender Raksasa!

Siapa yang tak mengenal candi Borobudur? Candi luas dan megah ini berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Kemegahannya sudah terkenal di penjuru dunia dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai 7 keajaiban dunia. Hal ini tentu sangat membanggakan kita sebagai warga negara republik Indonesia.

Warisan budaya yang luar biasa ini sepatutnya terus kita jaga kelestariannya agar dapat bertahan sampai akhir zaman. Namun apakah Anda tahu jika candi Borobudur ternyata menyimpan sesuatu yang tidak kita ketahui?

Ternyata, candi Borobudur disebutkan merupakan sebuah candi dengan sebuah kalender raksasa. Stupa utama yang berdiri kokoh di tengah lingkungan candi dan terletak paling tinggi adalah alat penanda waktu yang memanfaatkan sinar matahari. Jika kita sedang berdiri di atas stupa puncak candi Borobudur pada tanggal – tanggal tertentu (21 Maret ataupun 21 September) maka jika kita melihat kearah timur candi, kita akan melihat martahari yang muncul dari gerbang tersebut. Ditanggal lainnya, matahari akan bergeser sedikit ke arah utara serta selatan.
Borobudur Magelang Kalender Raksasa
image : wikipedia
Selain itu untuk jumlah stupa candi ini memiliki  jumlah 4 x 365 dengan tambahan sebuah stupa besar di puncaknya. Tentunya jumlah ini seperti pada hari – hari dalam setahun yang ditambah dengan 1 hari pada tahun kabisat (terjadi 4 tahun sekali).

Tentu kita tidak menyangka jika Candi Borobudur memiliki keunikan dan rahasia yang sangat bernilai dalam warisan budaya dari nenek moyang kita ini. Hal ini tentu akan semakin menambah kekayaan akan nilai – nilai budaya dari nenek moyang kita yang patut kita jaga dan kita lestarikan.

0 Komentar untuk "Tak Disangka, Borobudur Adalah Sebuah Kalender Raksasa!"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.