Cara Menghilangkan Date, Author, Kategori Dibawah Artikel Menggunakan Inspect Element

Pada halaman sebuah Homepage, sering kita lihat dibawah judul artikel terdapat author, date, kategori dan komen. Sebelumnya saya tidak terpikir atau berniat menghapusnya. Tetapi secara tidak sengaja keinginan itu muncul karena melihat sebuah judul saat googling yang kurang lebih isinya adalah cara bagaimana menghilangkan atribut dibawah postingan judul.

Iseng – isineng saya mencoba untuk mengikuti cara mengubah atau menghilangkan atribut tersebut sesuai dengan petunjuk di artikel yang sedang saya baca. Tapi tidak berhasil, kemudian coba googling lagi cari cara yang lain. Eh masih tidak berhasil lagi...Terus?? Mungkin saja beda theme beda perlakuan ya he....

Kebetulan blog yang mau diubah adalah berplatform wordpress, kemudian saya ada ide untuk menggunakan pluggin. Tetapi saya berpikir kurang efisien ya, masak cuma menghilangkan atribut dibawah artikel harus menggunakan plugin?he...

Kemudian saya ingat, sering merubah penampilan sebuah blog dengan bantuan inspect  element . Kok gak dari awal ya menggunakan cara ini, padahal sudah muter – muter cari di google gak ada cara yang pas. 

Oya,  Inspect  element ini akan membantu memudahkan kita untuk mengubah tampilan suatu halaman dengan mengubah-ubah kode dihalaman yang sedang kita buka dan kita langsung dapat melihat hasilnya.  Tetapi saat Anda mengutak-utik kode menggunakan inspect element ini, sebenarnya tidak merubah struktur kode di blog sobat secara permanent. Jadi sobat bisa merubah secara permanent di fitur editor pada wordpress.

Menggunakan inspect  element
1. Ok langsung saja, buka blog yang akan sobat ubah

2. Pada halaman yang aka di ubah, klik kanan >> Inspect  element

3. Akan terbuka jendela yang berisi kode – kode

4. silahkan cari dengan mengarahkan kursor  ke tempat atau tulisan yang akan dihilangkan

5. Setelah ketemu kode - kode yang mau diubah atau ditambah (disini saya hanya menambahkan kode display : none; )

6. Sobat bisa menuju ke editor di wordpres admin sobat, tepatnya di style css. Sebaiknya dibackup dulu agar jika terjadi kesalahan  kita sudah punya file backupnya.

7. Temukan kode yang sudah kita temukan dengan inspect element tadi, dengan ctrl +F kemudian masukkan kode yang akan kita cari.


7. Setelah ketemu sobat sudah bisa menambahkan kode tadi yakni display : none; 

8. Yang terakhir adalah klik update file, maka file perubahan akan disimpan. 


Maka hasilnya kita lihat, atribut author, date, koment maupun kategori sudah hilang. Sobat dapat bereksperimen dengan Inspect element ini untuk merubah tampilan sebuah blog agar terlihat enak dilihat.

Demikian tutorial singkat ini, semoga membantu dan bermanfaat, wassalam..

0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Date, Author, Kategori Dibawah Artikel Menggunakan Inspect Element"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.