Tips Dan Trik Mempercepat Charging Di HP Android

Tips dan trik kali ini akan berbagi bagaimana cara mempercepat charging di HP Android sobat. Bisa sobat coba juga trik ini di smartphone lain, misalnya iPhone, Windowsphone dan BB. Smartphone memang kaya akan fitur, mulai dari sosial media, browsing internet, download, bermain game ataupun memainkan video dan musik yang menjadikan smartphone membutuhkan suplai baterai yang cukup.

Tips dan trik mempercepat charging di HP android atau smarphone kali ini merupakan cara yang sederhana yang perlu sobat ketahui dan bisa sobat lakukan dirumah dengan mudah. Apa saja tips dan trik tersebut? Langsung saja simak caranya di bawah ini.

1. Gunakan charger Original.
Jika sobat akan melakukan charging pada smartphone kesayangan gunakan selalu charge original atau charge bawaan saat sobat membeli smartphone. Charge bawaan sudah bisa dipastikan sesuai dengan kondisi smartphone yang sobat beli. Umumnya charge bawaan memakai daya 1 Ampere, walaupun ada beberapa charge untuk tipe smartphone tertentu memakai kapasitas lebih dari itu. Jika tidak memakai charge bawaan, dikawatirkan aliran listrik tidak sesuai dengan kapasitas yang telah ditentukan sehingga dapat mengakibatkan kerusakan baterai perlahan - lahan.

2. Jangan gunakan PC/Laptop untuk charge
PC/Laptop dalam mengalirkan lisrik dan mengisi baterai membutuhkan waktu yang lama. Jelas jika aliran daya tidak sampai 1 Ampere. Bahkan untuk USB versi 3.0 pun tidak sampai memberi daya 1 Ampere. Hal inilah yang membuat lama dalam proses charge.

3. Gunakan Air Plane Mode
Dengan menggunakan fasilitas ini maka cara ini dapat mempercepat charging di HP android sobat. Hal ini karena smarphone sobat tidak kehilangan daya yang disebabkan oleh pencarian sinyal yang notabene membutuhkan daya baterai yang tinggi. Memang jika sobat mengaktifkan mode ini sobat tidak dapat melakukan panggilan atau sms, tetapi trik ini dapat mempercepat charging di hp android sobat. Cara ini juga otomatis akan mematikan sinyal yang mengirim data internet. Sinyal 3G atau yang lain memang sangat menguras daya baterai.

Jika sobat menginginkan untuk tetap bisa berkirim sms dan telpon, sobat bisa memilih mode GSM Only. Dengan memilih mode jaringan atau sinyal tersebut maka sedikit akan mempercepat proses charging di hp android sobat.

4. Menaruh hp android di tempat dingin
Yang perlu sobat hindari untuk mempercepat charge di hp android sobat adalah meletakkan android di tempat yang membuat hp sobat semakin panas. Saat proses charging biasanya hp android sobat sudah panas, jangan ditambah lagi panasnya ya, misalnya diletakkan di sofa atau kasur. Ini akan membuat hp android sobat semakin panas dan ini tidak baik untuk baterai dan komponen hp yang lain. Taruhlah di meja yang beralaskan kayu, atau di lantai yang dingin, tapi jangan masukin di kulkas ya, nanti jadi es deh :-D

5. Tidak memainkan game atau musik saat charging
Jika sobat menggunakan fasilitas Air Plane mode, maka jangan gunakan fitur game dan musik atau video. Percuma deh jika sudah mengaktifkan air plane Mode tapi masih bermain game. Ini tentu tidak efektif jika sobat menginginkan proses charging berjalan dengan cepat.

6. Mematikan hp
Jika sobat sedang tidak menggunakan fasilitas yang ada di hp andoid sobat, maka sobat bisa mematikan hp android sobat. Ini adalah cara efektif untuk mempercepat charging di hp android sobat.

Nah itulah 6 tips dan trik mempercepat charging di hp android yang sobat punya. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. 


Sumber artikel : http://tipsand-trik.blogspot.com/2014/08/tips-trik-dan-cara-mempercepat-charging-baterai-hp-smartphone.html

0 Komentar untuk "Tips Dan Trik Mempercepat Charging Di HP Android"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.