Inspirasi Sukses Pendiri Wordpress, Ternyata Doi Satu ini Masih Muda!

Inspirasi Sukses Pendiri Wordpress, Ternyata Doi Satu ini Masih Muda!
Matt Mullenweg, Pendiri Wordpress. Image : Kompas.com

Muda dan sukses memang menjadi sesuatu hal yang istimewa. Seperti kisah inspirasi sukses dari pria yang satu ini yang sukses di dunia internet dengan membuat sebuah platform yang kini telah populer di dunia, Wordpress.

Jika Anda seorang blogger, tentu Anda tidak asing lagi dengan yang namanya Wordpress. Wordpress merupakan salah satu sistem pengelola konten internet terbaik saat ini. Platform open source tersebut dibuat sebelas tahun yang lalu oleh Matt Mullenweg. 

Sejak kecil, pria ini menyukai musik jazz. Bahkan orang tuanya mendorongnya untuk selalu memainkan alat musik favorit orang tuanya, saksofon.

Mullenweg mengatakan jika ia telah banyak menghabiskan banyak waktu untuk menekuni musik kesayangannya, musik jazz. Bahkan saat masih di bangku sekolah, ia masih menekuni musik jazz ini dan belajar saksofon.

Kegemaran akan musik jazz juga Matt tuangkan dalam Wordpress. Setiap Wordpress update ia tuangkan kedalam versi Wordpress, misalnya Wordpress 1.0 (Miles Davis), kemudian berlanjut ke versi berikutnya yakni versi 3.9 (Jimmy Smith), sedangkan musisi favoritnya, Dexter Gordon di tempatkan pada versi 2.3. Selain menyukai musik jazz, Matt Mullenweg juga menyukai genre musik rap dan hip – hop.

Matt Mullenweg dilahirkan dalam  keluarga yang tidak asing dengan dunia IT. Ayahnya adalah seorang teknisi komputer sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Mereka menetap di sebuah kota yang bernama Texas, negara bagian dari Amerika yang khas dengan sajian kuliner, barbeque.

Pria kelahiran 11 Januari 1984 ini sangat menyukai barbeque. Kesukaan terhadap barbeque tersebut di bawa kedalam jabatan di Autimattic yakni perusahaan yang mengembangkan platform Wordpress. Mullenweg sendiri adalah pendiri sekaligus chief executive officer di perusahaan tersebut, namun leluconnya ia lebih suka menulis jabatannya menjadi Chief Babeque Taster atau disingkat CBBQTT.

Jabatan lucu ini juga diberikan pada yang lain, seperti happiness engineer untuk customer support. Untuk jabatan programer di beri nama code wrangler, javaScript wrangler, quantum bug creator dan lain – lain. 

Saat ini Wordpress berkembang dengan cepat sejak didirikan pada tahun 2003. Keuntungan datang bertubi – tubi dan mereka juga memiliki visi yakni mendemokratisasi situs web di internet. Saat ini mereka berusaha memperluas jaringan dengan merekrut karyawan baru serta meningkatkan infrastruktur untuk perusahaannya.

Kesuksesan Wordpress tak luput dari dukungan ekositem yang kuat dengan komunitas yang selalu mendukung teknologi yang dikembangkan Wordpress. Banyak pihak yang menyediakan tema, plug-in serta hosting bahkan sampai dengan kustomisasi dari Wordpress itu sendiri.

Wordpress saat ini telah dipercaya sebagai mesin CMS oleh situs atau web terkenal, seperti CNN, Mashable, Hollywood Life dan masih banyak lagi.

Diprediksi bahwa 22 persen situs di internet memakai platform Wordpress atau sekitar 75 juta situs yang memakai platform ini.

Sampai tahun 2013, perusahan dari Wordpress telah memperkerjakan 185 karyawan di seluruh belahan dunia. Mereka terhubung dengan jaringan internet sebagai sarana untuk berkomunikasi.


Mullenweg juga mengatakan bahwa ia tertarik untuk merekrut karyawan dari Indonesia sebagai happiness engineer. Hal ini dikarenakan bahasa Indonesia banyak digunakan di platform Wordpress setelah bahasa Ingris dan Spanyol.

Kurang lebih 1,7 juta situs Wordpress yang telah memaki bahasa Indonesia. Matt Mullenweg mengatakan jika ia memprediksi situs – situs di Indonesia mendapatkan 200 juta page view untuk perbulannya.

Source : Kompas.com

0 Komentar untuk "Inspirasi Sukses Pendiri Wordpress, Ternyata Doi Satu ini Masih Muda!"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.