5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi

5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi - Kesan pertama jika Anda masuk ke kabupaten Wonosobo adalah udara yang sejuk dan dingin. Kabupaten Wonosobo terletak di wilayah Jawa Tengah yang berbatasan dengan kabupaten Temanggung. Daerah Wonosobo diapit oleh dua gunung yakni gunung Sindoro dan Gunung Semeru. Kabupaten Wonosobo memiliki ketinggian 250 hingga 2.250 meter diatas permukaan air laut dimana ketinggian tersebut merupakan ciri daerah dataran tinggi. Karena itulah Wonosobo memiliki udara yang dingin serta sejuk disiang hari.

Kondisi alam yang di kelilingi oleh pegunungan menjadikan Wonosobo sangat berpotensi untuk menjadi tempat tujuan wisata alam yang menarik. Banyaknya wisata alam dengan didukung cuaca yang dingin dan udara yang sejuk membuat wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke kota Wonosobo.

Berikut beberapa tempat wisata menarik yang patut anda kunjungi jika berada di Wonosobo:

1. Dataran Tinggi Dieng
5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi

Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang berada di perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo. Dari segi administrasi, Dieng berada di kecamatan Kejajar dimana jarak dari kota Wonosobo sekitar 30 Km. Dieng merupakan tempat wisata menarik yang sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik masupun wisatawan asing.

Dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang dingin menjadikan temapat ini layak Anda kunjungi. Obyek wisata yang dapat Anda kunjungi jika berada di Dieng antara lain telaga warna, , candi arjuna, kawah Sikidang, dan masih banyak lagi.

2. Air Terjun Sikarim
5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi
Air terjun Sikarim adalah adalah salah satu objek wisata yang berada di desa Mlandi Kecamatan Garung kabupaten Wonosobo dimana jarak dari kota Wonosobo kurang lebih 20 Km. Air terjun ini cukup tinggi dengan air yang mengalir cukup deras melewati dinding - dinding batu cadas membuat tempat ini semakin eksotis. Terdapat latar belakang bukit sikunir serta Telaga Cebong.

3. Telaga Menjer
5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi
Tempat lain yang bisa Anda kunjungi adalah Telaga Menjer. Telaga ini berlokasi di desa Mron, kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Telaga ini mmeiliki luas 70 Ha dan merupakan telaga paling luas di kabupaten Wonosobo. Telaga ini digunakan sebagai tempat wisata dan juga tempat Pembangkit Listrik Tenaga air sejak tahun 1982.

Anda akan merasakan sensasi alam yang sejuk dan damai dengan hamparan telaga yang luas dan memanjakan mata tentunya.

4. Bukit Sikunir Dieng
5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Bukit sikunir Dieng
Bukit Sikunir terletak pada arah bagian selatan kawasan Dieng, berada di Desa Sembungan. Desa ini merupakan desa yang berada di permukaan tertinggi di seluruh pulau Jawa. Sedangkan untuk ketinggian Bukit Sikunir sekitar 2.200 m dpl.

Di bukit inilah Anda dapat melihat keindahan matahari terbit (Sunrise) yang sangat memikat dengan warna orange yang menyala. Warna inilah yang membuat penduduk sekitar memberi nama bukit tersebut dengan nama bukit Sikunir karena dalam bahasa Jawa kata Sikunir berarti kunir atau kunyit yang biasanya berwarna orange.

5. Wisata Kalianget
5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Kalianget
Wisata Pemandian Kalianget terletak di jalan Dieng - Wonosobo sekitar 3 Km dari pusat kota Wonosobo. Munculnya pemandian air panas ini tak lepas dari perhatian Dinas pariwisata setempat untuk mengelola sumber air panas ini menjadi tempat wisata yang sekarang ramai dikunjungi.

Pemandian air panas Kalianget ini merupakan pemandian air panas murni yang keluar dari perut bumi. Air panasnya banyak mengadung asam sulfat yang baik untuk kesehatan kulit. Selain pemandian air panas, obyek wisata Kalianget juga menyediakan pemandian air dingin serta beberapa fasilitas lainnya seperti taman rekreasi, tempat olah raga (tenis, Sepak bola) dan kolam pemancingan.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Unggulan Di Temanggung

Nah itulah 5 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi jika sedang berada di kota Wonosobo. Anda bisa mencoba wisata kuliner dengan mencoba makanan khas Wonosobo, misalnya Mie Ongklok. Untuk oleh - oleh khas daerah Wonosobo, Anda bisa membeli Carica untuk teman atau saudara dirumah. Rasa dari Carica ini sangat khas yaitu manis dan terasa menyegarkan.

Terima kasih telah berkunjung ke rud-arsenio.com, sukses selalu buat Anda.

0 Komentar untuk "5 Tempat Wisata Menarik Di Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungi"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.