Tips Sukses Eka Gustiwana, Perlunya Hilangkan Rasa Malu!

 hTips Sukses Eka
Masih ingat dengan Eka Gustiwana, penggubah lagu dibalik video speech composing Arya Wiguna, Syahrini dan lain-lain? Yes, pria yang telah populer dengan video – video speech composing ini memiliki tips sukses untuk temen - temen serta berbagi pengalaman menarik sebagai sumber inspirasi untuk kita dalam menekuni suatu bidang atau minat kita dalam mencapai kesuksesan.

Di era yang serba online, kita mau tidak mau terus mengikuti arus yang berkembang saat ini. Media online menjadi pilihan yang masih luas untuk kita mengembangkan skill yang ada pada diri kita untuk mencapai suatu target kesuksesan seperti Eka Gustiwana ini.

Ia populer dengan keahlian membuat video speech composing yang ia unggah lewat situs Youtube. Media youtube menjadi tempat ia menampilkan bakat seninya dalam membuat video speech composing.

Nah ada tips penting yang sangat berguna bagi sobat untuk mengembangkan bakat dari temen – temen agar dapat sukses seperti Eka.

Tips pertama :  Hilangkan rasa malu
Kadang seseorang merasa tidak percaya diri mengunggah karya yang dibuatnya. Menurut Eka ini merupakan tantangan yang pertama kali harus diatasi.

Rasa tidak percaya diri harus dihilangkan. Mulailah upload karya – karyamu. Gunakan media – media semacam Facebook, SoundCloud dan youtube yang bisa menjadi tempat memajang karya – karya kamu, begitu kata Eka.

Menurut Eka, karya yang baik akan menjadi populer sendiri sedangkan karya yang kurang berkualitas akan mendapat sambutan kurang baik. Hal ini bisa menjadikan pelajaran untuk memperbaiki segala kekurangan.

Eka sendiri tidak secara mudah langsung menjadi komposer lagu. Ia kerap bekerja secara gratisan atau tanpa bayaran demi sebuah reputasi dan memperoleh pengalaman.

Eka tidak mempunyai basic atau latar belakang sebagai sarjana musik. Tetapi dengan tekad kuatnya ia tidak berkecil hati dan selalu menjalaninya dan yakin selalu ada jalan keluar..

Tips kedua: Harus konsisten
Konsisten adalah kata yang selalu diucapkan oleh Eka jika ada musisi lain yang bertanya tentang dirinya. Penting sekali untuk menjaga konsistensi sebagai pemusik meskipun berada dalam keadaan sulit sekalipun.

Tidak selamanya dalam perjalanan dalam bermusik selalu mulus. Ada kalanya kita berada di titik terendah. Jika kita bisa melewati titik ini kita akan kembali baik dan menjadi lebih baik dari sebelumnya, begitulah kata Eka yang menggambarkan perjalanan kariernya.

Konsistensi berhubungan erat dengan sikap pantang menyerah. Menurut Eka, ia harus melewati masa – masa dimana ia tidak dikenal oleh siapa – siapa. Masa – masa yang bisa dikatakan memulai dari nol. Dan ternyata kini konsistensinya berbuah order proyek audio dari klien dari mulai membuat jingle sampai dengan menciptakan sebuah lagu.

Daftar klien Eka pun mencakup banyak perusahaan yang ada di Indonesia. Dari perusahaan perbankan, rumah sakit hingga televisi stasiun lokal. Dan ia menggagap ia masih melakukan sebuah perjuangan dan belum mengganggap dirinya telah sukses.

Tips ketiga : Harus terus berinovasi
Kunci selanjutnya adalah kita harus terus berinovasi dengan banyak belajar tanpa henti. Menurut Eka, jangan pernah lewatkan satu hari pun untuk mendapatkan sesuatu yang baru, karena setiap hari ada ratusan orang yang sedang belajar. Jika kita berhenti belajar maka kita akan tertinggal dari mereka.

Teruslah berkembang dengan memperluas jaringan pertemanan. Untuk profesi apa pun, membangun relasi seluas luasnya adalah hal yang sangat penting. Relasi itu akan membuat kita semakin maju, jadi sangat perlu memangun pertemanan seluas – luasnya.

Tips keempat: Cukup buktikan saja
Tantangan yang akan didapatkan oleh seseorang yang berkiprah dibidang seni adalah tentangan dari orang – orang terdekat yang masih kurang percaya terhadap masa depan seorang musisi.

Eka memberi contoh langsung, bahwa dirinya juga mengalami hal yang demikian. Ia mendapat tentangan dari orang tuanya yang tidak percaya pada dirinya akan masa depannya sebagai musisi. 

Tetapi ia meyakinkan orang tuanya agar memberi waktu 4 tahun untuk melakukan apa yang telah dipilihnya.
Menurut Eka ia lebih baik bersikap diam dan buktikan saja dari pada mencoba merubah pola pikir orang – orang yang tidak percaya kepada pilihannya.

Memanfaatkan perkembangan internet yang semakin luas
Dengan berkembangnya jaringan internet sampai ke pelosok – pslosok desa maka, sangat potensial jika kita berani muncul dengan karya – karya terbaik kita. Muncul nya berbagai macam media sosial juga sangat bagus untuk sarana dalam menampilkan karya – karya kita.

Demikian Tips Sukses Eka Gustiwana, semoga memberikan motivasi dan inspirasi bagi kita untuk selalu maju dengan potensi yang ada pada diri kita. Pantang menyerang, selalu kreatif dan konsisten adalah kunci kesuksesan Anda.


Sumber : Kompas.com

0 Komentar untuk "Tips Sukses Eka Gustiwana, Perlunya Hilangkan Rasa Malu!"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.