Sejarah Windows Dan Pengertian Windows

Sejarah Windows Dan Pengertian Windows
Sejarah Windows Dan Pengertian Windows-Siapa yang tidak mengenal Sistem operasi Windows, tentu anda yang bekerja menggunakan komputer atau laptop sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Windows.

Pengertian dari windows sendiri seperti dikutip dari wikipedia adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Jika kita melihat sejarah perkembangan Windows, sistem operasi Windows telah berevolusi yakni dari MS-Dos ke sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks serta command-line.

Windows versi pertama merupakan Windows Graphic Environment 1.0 yang pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pada bulan November tahun 1985. Versi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 adalah perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga Windows 1.0 tidak dapat berjalan tanpa  sistem operasi DOS. Versi 2.x dan versi 3.x juga sama. 

Beberapa versi yang terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1). Versi ini merupakan sistem operasi yang berdiri sendiri yang tidak lagi bergantung pada sistem operasi MS-DOS. 

Dengan perkembangan sistem operasi Windows, Microsoft dapat mengembangkan Windows serta menguasai pasar hingga mencapai 90%.  

Sejarah windows secara lengkap dapat anda simak dibawah ini :

1. Ms-Dos (1980-1984)
Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) dirilis pertama kali tahun 1981 serta diluncurkan ke pasar pada bulan November 1983. Saat peluncurannya, MS-DOS dijual dengan harga U$1 untuk setiap copy-nya. Sistem operasi ini banyak digunakan komputer IBM-PC ataupun yang kompatibel.

2. Windows 1.0 - Windows 1.04 (1985-1987)
Ini merupakan Versi pertama Microsoft Windows, disebut dengan Windows 1.0, perilisannya pada tanggal 20 November 1985. Versi ini masih banyak kekurangan, sehingga terlihat kurang populer. 

3. Windows 2.0 (1987)
Versi ini dirilis pada tanggal 1 Desember 1987, di versi ini terdapat sebuah teknologi implementasi pada window dimana dapat di minimize ataupun maximize. Windows 2.0 memiliki keuntungan dari kecepatan prosesnya yakni prosesor Intel 286. Saat itu Window 2.0 dijual seharga U$100.

4. Windows 3.0 (1990)
Sejarah perkembangan Windows selanjutnya yakni Windows 3,0 yang memberikan peningkatan kemampuan serta grafik 16 warna, dan tak lupa dukungan dari prosesor intel 386. Versi ini terbilang populer, dan berkembang pesat ketika dirilisnya Windows Software Development Kit (SDK). Hal ini membantu para developer dalam memfokuskan pada penulisan aplikasi sehingga dapat mengabaikan penulisan driver.

5. Windows NT 3.1 (1992)
Di awal tahun 1992 Windows 3.0 mulai dikembangkan lagi menjadi Windows 3.1. Perkembangan Windows ini  tidak sia-sia, karena terjual 1 juta copy  pada waktu dua bulan pertama. Tercatat setidaknya kurang lebih 25 juta penggunaWindows 3.1 legal di tahun 1993. 

6. Windows for Workgroups 3.11 (1993)
Windows 3.11 menambahkan jaringan di antara beberapa komputer atau disebut peer-to-peer. Selain itu juga memiliki dukungan jaringan pada sebuah domain. 

7. Windows NT Workstation 3.5 (1994)
Windows NT Workstation memberikan sebuah proteksi tertinggi bagi pengguna bisnis aplikasi serta data. Dengan adanya dukungan standar grafis OpenGL, sistem operasi ini dapat memberikan kemajuan untuk pengembangan aplikasi yang berupa software, perindustrian, penelitian, serta produk bisnis. Windows NT Workstation 3.5 ini memiliki kehandalan pada produktivitas 32-bit serta memiliki kemampuan dapat menampung nama file sampai dengan 256 huruf.

8. Windows 95 (1995)
Windows 95 dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. System Operasi ini berbasis system 32 bit yang mendukung multi tasking, system file yang lebih maju, threading, networking, dll. Versi 95 ini juga termasuk tinjauan kembali secara menyeluruh di bidang interfacenya.

9. Windows NT Workstation 4.0 (1996)
Terdapat Upgrade yang ditujukan di sistem operasi desktop kelas bisnis ini dimana akan memberikan kemudahan dalam penggunaan serta pengaturan yang lebih sederhana, output jaringan yang lebih besar, sebagai alat untuk pengembangan dan pengaturan intranet. Windows NT Workstation 4.0 ini juga meliputi didalamnya terdapat tampilan Windows 95 dengan peningkatan dalam mengakses internet dan intranet.

10. Windows 98 (1998)
Sistem operasi Windows 98 merupakan perbaikan dari sistem operasi Windows 95. Sistem operasi ini memiliki keunggulan yakni adanya pembaharuan dalam driver perangkat keras dan telah didukung sistem berkas FAT32 yang lebih baik.

11. Windows 98 Second Edition (1999)
Seperti namanya, Windows 98 SE sudah update terhadap beberapa hal penting pada Windows 98. Selain itu, Windows 98 menawarkan beberapa jenis kompabilitas hardware serta persembahan internet.

12. Windows Millennium Edition (Windows Me) (2000)
Selanjutnya adalah perkembangan Windows yang menawarkan bagi pengguna PC dirumah, maka Windows ME sudah menyediakan musik, video, dan jaringan rumah
Pengguna juga dapat memperbaiki sistem mereka dengan sistem restore.

13. Windows 2000 Profesional (2000)
Windows ini merupakan Windows yang hanya sekedar update. Windows ini juga didesain untuk menggantikan Windows 95, Windows 98 dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua desktop bisnis dan laptop. Dibangun dari kode dasar Windows NT 4.0, Windows 2000 ini sudah mengalami perkembangan pesat pada reabilitas dan kemudahan, serta dukungan komputansi mobile.

14. Windows 2000 Server
Windows 2000 Server adalah Network Operating System (NOS) yang dapat melakukan konfigurasi serta manajemen jaringan skala kecil, menengah, ataupun besar.

Windows 2000 Server adalah kelanjutan dari teknologi Windows NT Server 4.0 dimana terdapat berbagai fasilitas baru.Windows 2000 ini terdiri dari 3 jenis yakni versi standar (Server), Advance Server, serta Data Center Server.

15. Windows XP (2001)
Sejarah Windows XP dimulai di tahun 2001. Terdapat inovasi dalam pengalaman yang Microsoft berikan untuk pengguna PC. Dengan adanya Windows XP, pengguna di rumah dapat menikmati berbagai format musik, video, pesan, serta foto di komputer milik mereka. Pengguna bisnis juga dapat bekerja lebih cepat dan lebih smart, dan tak lupa dengan tampilan yang lebih segar.

16. Windows 2003 Server (2004)
Windows 2003 server masih tergolong produk baru dari microsoft dimana dalam menggunakan sistem operasi tersebut, kebutuhan minimal harus kita ketahui terlebih dahulu karena jika terdapat ketidaksesuaian maka dapat mempengaruhi performa dari server itu sendiri.

17. Windows Fundamentals
Sejarah Windows XP masih berlanjut dengan dirilisnya Windows XP Service Pack 2 pada bulan Juli 2006 oleh Microsoft.  Sistem operasi Windows ini ditujukan pada pasar thin-client, yang disebut sebagai Windows Fundamentals for Legacy PCs (WinFLP). WinFLP ini hanya tersedia bagi para pelanggan Microsoft Software Assurance. Adapun tujuan dibuatnya WinFLP adalah untuk memberikan pilihan upgrade pada para pelanggannya yang masih menggunakan Windows 95, Windows 98, Windows Me serta Windows NT Workstation. 

18. Windows Vista (2006)
Sejarah Windows Vista di mulai di tahun 2006. Kesuksesan Windows XP membuat Microsoft tidak berhenti begitu saja tetapi tetap mengembangkan sistem operasi Windows berikutnya. Versi ini disebut dengan Windows Vista. Bagi kalangan bisnis Windows Vista dirilis pada tanggal 30 November 2006 sedangkan untuk pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. 

Windows Vista memang di anjurkan karena memiliki tingkat keamanan yang lebih tangguh dengan adanya sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), yang mana untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang ada pada Windows XP. 

Windows Vista terkenal dengan fitur grafik yang lebih "memikat", atau disebut dengan Windows Aero GUI. Windows Vista juga memberikan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, dan dukungan Windows Media Player versi baru atau versi 11.

19. Windows 2008
Windows Server 2008 dijadwalkan dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Di saat pengembangannya, Windows Server ini memiliki nama kode "Windows Server Codenamed Longhorn." Windows Server 2008 dibangun dengan keunggulan teknologi dan keamanan yang ada pada Windows Vista.

20. Windows 7
Sejarah sistem operasi windows selanjutnya adalah Windows 7, dimana sebelumnya dikenal dengan Blackcomb dan Vienna. Pertama kali dirilis, Windows 7 memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yakni perbaikan dari Windows Vista yang mana saat dirilis pertama kali memiliki kernel NT 6.0 build 6000. 

Windows 7 yang dirilis oleh Microsoft pada 22 Oktober 2009. Windows 7 ini memiliki keamanan dan fitur baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang dapat membuka program dengan tampilan kecil, Internet Explorer 8 serta Windows Media Player 12, dan fitur lain. Ada beberapa fitur yang unik yakni Sidebar yang telah berganti nama menjadi Gadget dan kita bebas menaruhnya. Fitur ini tentu membuat Windows 7 menjadi semakin menarik. Spesifikasi Windows 7 juga lebih ringan serta harganya lebih murah daripada Windows Vista.

21. Windows 8
Sejarah Windows 8 dimulai dengan melanjutkan kesuksesan sistem operasi Windows 7. Sistem operasi Windows 8 merupakan nama kode untuk versi selanjutnya dari produk Microsoft. Sistem operasi Windows 8 diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada PC atau komputer pribadi, termasuk juga komputer bisnis, laptop, netbook, tablet, server, serta PC pusat media. Sistem operasi Windows 8 menggunakan mikroprosesor ARM, serta mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. 

Antar muka pengguna Sistem operasi Windows 8 diubah agar mampu digunakan diperalatan layar sentuh sehingga kita dapat menggunakannya tanpa mouse dan keyboard. Selain itu, Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet touch.

Pada tanggal 29 Februari 2012, Microsoft juga telah merilis Versi Consumer Preview sebelum di keluarkannya versi beta di bulan Maret 2012.

Itulah Sejarah Windows Dan Pengertian Windows, semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Sejarah Windows Dan Pengertian Windows"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.