Magnet Dapat Merusak Smartphone?Ini Penjelasannya!

Magnet Dapat Merusak Smartphone?Ini Penjelasannya!
Banyak orang beranggapan jika magnet dapat merusak smartphone terutama bagian layar jika berdekatan dengan magnet. Padahal banyak juga aksesoris dari smartphone yang menggunakan aksesorisnya dengan bahan magnet, misalnya pelindung casing ataupun pegangan dalam mobil.

Pendapat tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Kebanyakan dari magnet dapat menimbulkan distorsi pada sebuah peralatan elektronik yang sudah 'kuno' saja. Contohnya pada monitor atau televisi CRT, dimana kedua barang elektronik ini rentan dengan induksi magnet.

Menurut Matt Newby dari first4magnets.com, kebanyakan magnet yang terdapat di aksesoris ponsel atau lainnya tidak akan berpengaruh terhadap smartphone, meskipun magnet tersebut memiliki kekuatan daya magnet yang besar.

Kebanyakan untuk televisi modern serta layar dari smartphone yang banyak beredar di pasaran saat ini sudah tidak terpengaruh oleh efek dari magnet.

Jika kita mendekatkan magnet ke sebuah televisi tipe lama atau jadul, maka magnet dapat mendistorsi televisi kuno tersebut, namun dengan kemajuan teknologi saat ini, maka efek dari magnet tidak berpengaruh terhadap perangkat elektronik modern saat ini.

Kebanyakan untuk ponsel atau smartphone saat ini tidak terpengaruh oleh magnet, bahkan didalam bodi smartphone itu sendiri terdapat komponen magnet, misalnya pada kompas ataupun magnetometer.

Satu – satunya efek yang dapat berpengaruh pada perangkat smartphone kita adalah pada komponen kompas yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kompas menjadi tidak bekerja secara akurat.

Magnet dapat mempengaruhi sensor magnet pada smartphone atau ponsel kita, jika komponen sensor magnet tersebut tertarik oleh suatu medan magnet dari luar, maka kalibrasi kompas tersebut dapat terganggu.

Aplikasi kompas pada smartphone digunakan untuk aplikasi pemetaan, misalnya Google Maps yang dapat mengindikasikan arah pengguna menuju suatu tempat tertentu. Selain itu, untuk teknologi pada game – game modern juga telah banyak yang menggunakan kompas guna rujukan sebuah orientasi.

Terima kasih telah membaca Magnet Dapat Merusak Smartphone?Ini Penjelasannya!, semoga dapat menambah wawasan yang berguna bagi kita.

0 Komentar untuk "Magnet Dapat Merusak Smartphone?Ini Penjelasannya!"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.