10 Tips Yang Perlu Di Ketahui Pengguna Android

10 Tips Yang Perlu Di Ketahui Pengguna Android
Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendominasi pasar smartphone, Android menjadi platform paling dominan di dunia mengalahkan berbagai platform seperti Windows phone dan iOS serta meruntuhkan dominasi Symbian Phone.

Jika anda memiliki smartphone dengan OS android maka ada beberapa tips yang patut Anda coba untuk mengoptimalkan smartphone Anda. Berikut 10 tip untuk mengoptimalkan smartphone android :

1. Perlakukan seperti PC


Jika Anda sebelumnya pengguna PC tentunya telah akrab dengan optimasi atau tweak untuk meningkatkan kenierja PC. Begitu juga dengan android, Anda dapat memperlakukan hal yang sama untuk meningkatkan kemampuan android. Anda dapat meningkatkan kapasitas RAM, membersihkan file yang tidak dipakai atau file sampah dan sebagainya. Banyak aplikasi yang tersedia yang dapat Anda  download di Playstore, salah satunya adalah Al In One Tool Box

2. Manfaatkan kebebasan modifikasi
Salah satu kelebihan android adalah dengan adanya bebagai kustomisasi pada tampilan. Anda dapat memilih salah satu launcer yang memiliki widget - widget menarik sesuai dengan keperluan anda, entah itu Email, timeline Twitter, Calendar dan catatan menarik atau aplikasi lain sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Membuat Alamat di Lockscreen
Hal ini dapat Anda lakukan untuk berjaga jaga jika suatu saat smarphone android Anda hilang atau tertinggal disuatu tempat. 
Caranya adalah dengan masuk ke Settings > Security > Screen security> Owner Info. Kemudian ada boxs kecil tempat dimana Anda dapat mengisi informasi alamat untuk ditampilkan di lockscreen.
Jika anda ingin melacak ponsel Anda yang hilang, Anda dapat "Googling" dan mengetik "Find My phone". Dan google Search akan mencari dan menampilkan posisi ponsel Anda lewat tampilan Google Maps. Cara ini akan mencegah ponsel Anda jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Bawa powerbank 
Pengguna smartphone pasti telah mengetahui pentingnya power bank. Yup, dengan power bank ini Anda akan lebih nyaman dalam menggunakan smartphone karena Anda tidak lagi tergantung dengan keberadaan sumber listrik untuk mengisi baterai jika habis.

5. Gunakan enkripsi untuk melindungi data
Untuk cara yang satu ini, sebenarnya hanya dilakukan jika anda benar - benar yakin untuk melakukannya. Kenapa? Karena cara ini juga cukup beresiko jika Anda lupa akan PIN yang akan diminta setiap anda menyalakan ponsel. Jika Anda lupa PIN nya maka Anda akan kesulitan untuk mengakses ponsel Anda.

Selain itu proses ini memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar satu jam dan hanya dapat dikembalikan dengan cara factory reset. Selain itu informasi juga akan lebih lamban diakses.

Jika Anda memang sangat perlu maka caranya adalah sebagai berikut : buka menu Settings > Security > Encryption, pilih "Encrypt phone". Kemudian Anda akan diminta Nomor PIN, catat dan ingat baik - baik nomor PIN tersebut karena nomor PIN tersebut diminta setiap  menyalakan ponsel Anda.

6. Coba memilih Launcher terbaik
Tidak jauh berbeda dengan cara nomor 2, anda bisa bebas memilih launcer yang mendukung berbagai widget menarik dan tentunya disesuaikan dengan keperluan anda. Anda dapat bebas memilih sesuai dengan kesukaan anda.

Jika anda ingin memodifikasi lebih jauh lagi, anda bisa mencoba custom ROM atau OS Android dari hasil modifikasi yang menggantikan OS Android bawaan ponsel itu sendiri. Dari sini Anda akan menemukan fungsi tambahan yang dapat dibuka pada custom ROM. Salah satu contoh dari Custom ROM adalah CyanogenMod.

7. Menyalakan fasilitas "Ok Google"
Dengan fitur ini, Anda dapat memberikan perintah suara untuk melakukan pencarian dari layar manapun di aplikasi Android hanya dengan mengatakan "Ok Google".

Caranya : Pilih "Menu", Settings > Voice > "Ok Google" detection, kemudian centang "From Google App".

Selanjutnya centang pada boks "From any screen" atau "Always on". Kemudian ikuti instruksi pada layar.

Jika sudah selesai Anda dapat mencobanya dengan mengucapkan  "Ok Google". Fitur ini hanya tersedia pada Android 4.4 keatas.

8. Gunakan developer Options
Ini adalah salah satu fitur android yang menarik. Fitur yang memungkinkan Anda untuk  melakukan opsi pengaturan tingkat lanjut contohnya, jeda animasi serta USB debugging.

Cara mengaktifkannya adalah buka menu setting > about phone > , ketuk "build number" yang berisi nomor versi sistem operasi sebanyak tujuh kali.

9. Taruh widget di Lockscreen
Jika anda menganggap sangat penting suatu fitur karena anda sering menggunakannya, misalnya anda sering membuka email, atau menelphone atau menggunakan aplikasi lain dalam kegiatan sehari - hari anda, maka anda bisa memunculkannya di widget yang tertampil di Lockscreen.
Caranya : Buka menu Settings > Security, pilih "Enable widgets". Lalu pergilah ke lockscreen dan sapukan jari ke kiri.  Selanjutnya ada tanda "+" yang berukuran besar untuk menambah berbagai widget di layar lockscreen.

10. Cobalah toko aplikasi lain
Google memang telah menyediakan toko aplikasi Android bernama Google Playstore, namun anda bisa mencoba aplikasi di toko lain, misalnya Amazone Apps Store. Silahkan anda download dulu Amazone App Store, kemudian silahkan instal. Setelah terinstal, Anda dapat menggunakannya dan cari aplikasi menarik sesuai dengan keinginan. Hati - hati juga dalam memilih aplikasi, karena banyak juga Malware yang menyusup dan dapat merugikan anda. 

Ok, itu saja 10 Tips Yang Perlu Di Ketahui Pengguna Android, semoga membantu, selamat mencoba.


Sumber artikel dan gambar : kompas.com

0 Komentar untuk "10 Tips Yang Perlu Di Ketahui Pengguna Android "

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.