Kelebihan dan Kekurangan Root di Smartphone Android

Kelebihan dan Kekurangan Root di Smartphone Android
Di smartphone android sering kita mendengar istilah Root. Pengertian Root di smartphone adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah semua yang ada didalam sistem handphone kita.
 
Fungsi dari root di Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna untuk dapat masuk ke dalam sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi, mengatur maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di ubah atau akses.

Sebelum melakukan root di android sobat sebaiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan android yang di telah di root.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan root di smartphone android :

Kelebihan Root di Android
1. Anda akan mendapatkan hak Akses dari SuperUser .
Disaat kita menginstal aplikasi terkadang kita tidak bisa melanjutkan instalasi terhadap suatu aplikasi tersebut dikarenakan kita dibatasi oleh sistem dalam android kita. Nah dengan cara di root kita akan mendapatkan hak akses terhadap berbagai aplikasi yang kita inginkan melalui aplikasi SuperUser.

2. Root dapat Meningkatkan Performance.
Root Android dapat meningkatkan performa pada Android, dengan melakukan root pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.

3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD.
Jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root terkadang akan muncul Notifikasi "Failure/Failed". Tetapi jika sudah di Root, transfer file menjadi lancar, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan berbagai aplikasi di playstore.

4. Lebih mengatahui seluk-beluk android.
Jika kita telah melakukan root di android kita, maka kita dapat menginstal berbagai aplikasi sehingga secara sadar atau tidak kita sudah mengetahui seluk beluk android serta pengalaman dalam menjelajahi berbagai aplikasi yang memiliki fungsi yang bermacam - macam.

Kekurangan Root di Android
1. Hilangnya Garansi.
Android yang telah di root akan hilang garansinya, karena kita telah membuka akses yang telah di batasi oleh pihak vendor.

2. Masalah Keamanan Pada Android.
Melakukan root pada android akan menghilangkan tembok keamanan dalam smartphone kita.  Tetapi dengan adanya berbagai macam antivirus yang telah dapat di download di playstore ataupun appstore maka kita bisa menggunakannya untuk menjadikan benteng keamanan bagi android kita. Silahkan download Avast, AVG atau anti virus lain sesuai dengan keinginan anda.

Itulah beberapa Kelebihan dan kekurangan android yang telah di root, semoga bermanfaat.

Untuk cara root baca : Cara Root Dan Unroot Lenovo A536

0 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Root di Smartphone Android"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.