Tidur Siang Tingkatkan Kinerja Otak Lima Kali Lipat

Tidur Siang Tingkatkan Kinerja Otak Lima Kali Lipat
Istirahat dengan tidur sejenak terutama di siang hari sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Penelitian terbaru menunjukkan, menutup mata sejenak di siang hari dapat membawa peningkatan pada kemampuan otak kita dalam menyimpan informasi.

Para peneliti di Universitas Saarland di Jerman menemukan fakta bahwa tidur siang selama satu jam dapat meningkatkan kinerja memori hingga lima kali lipat.

Dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory itu, para peneliti menguji memori 41 relawan yang telah diminta untuk mengingat kata-kata tertentu dan pasangan katanya. Kemudian, setengah dari peserta diminta untuk tidur siang selama satu jam sementara yang lain menonton DVD. Setelah itu, mereka diuji ulang.

Hasilnya, mereka yang tidur siang mampu mengingat lima kali lebih banyak dari mereka yang tidak tidur siang. Memori pasca-tidur siang mereka sama baiknya seperti sebelum tidur siang.

Para peneliti memeriksa aktivitas otak untuk menentukan bagaimana tidur siang dapat meningkatkan memori. Semua terkait dengan aktivitas hippocampus - daerah otak yang dikenal untuk memainkan peran dalam konsolidasi memori - mentransfer informasi baru ke dalam penyimpanan memori setelah informasi itu diterima. Tes Electroencephalogram (EEG) menunjukkan bahwa aktivitas otak selama tidur dapat meningkatkan kemampuan hippocampus secara cepat untuk mengkonsolidasikan suatu informasi.

"Hippocampus, ketika terjaga, mengaktifkan ulang saraf  yang juga aktif selama pembelajaran," kata Dr. Axel Mecklinger, seorang neuropsikolog di Saarland dan peneliti utama studi tersebut. "Ulangan ini menghasilkan suatu 'tag' yang selanjutnya dikonsolidasikan saat kita sedang tidur."

Namun, para peneliti masih belum tahu mengapa beberapa memori diperkuat selama tidur siang singkat sementara yang lain tidak. "Penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengungkap bagaimana mekanisme otak membedakan antara informasi yang disimpan atau dilupakan selama tidur," katanya.



Sumber : tempo.co

0 Komentar untuk "Tidur Siang Tingkatkan Kinerja Otak Lima Kali Lipat"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.