Beberapa Efek Dari Radiasi Handphone Bagi Tubuh

 Beberapa Efek Dari Radiasi Handphone Bagi Tubuh
Jika anda telah membaca tentang bagaimana bahaya dari radiasi ponsel serta bagaimana cara menanggulanginya seperti di artikel Bahaya Radiasi Handphone,  maka tidak kalah pentingnya untuk kita ketahui  tentang beberapa efek yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel bagi tubuh kita. Beberapa efek yang dapat ditimbulkan oleh radiasi ponsel seperti di paparkan di bawah ini.

1. Tumor
Menggunakan ponsel dalam waktu yang lama dan rutin dapat meningkatkan resiko berkembangnya tumor sekitar 50% dibanding mereka yang tidak sama sekali menggunakan ponsel. Jika mereka menggunakan ponsel melebihi kebiasaan atau menggunakan nya dalam waktu yang lama dan terus menerus dapat mengembangkan tumor parotid gland (kelenjar liur). Pengguna yang berlokasi diarea kurang sinyal lebih beresiko terkena penyakit ini.

2. Penyakit-penyakit tertentu
Sejumlah penelitian menyebutkan radiasi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit tumor telinga dan kangker otak. Selain itu akibat pemakaian ponsel yang berlebihan, terutama di frekuensi radio yang digunakan (900 MHz, 1800 MHz and 2450 MHz) dapat meningkatkan temperatur di lapisan mata sehingga memicu kerusakan kornea. Frekuensi radio pada ponsel juga dapat menyebabkan perubahan DNA pada tubuh dan melepas radikal bebas. Radikal bebas bersifat karsinogenik atau pemicu kanker.

3. Gangguan reproduksi
Sebuah penelitian yang dipublikasikan Jurnal Medis, Fertility & Serility menguji penggunaan handphone oleh 361 pria pada sebuah klinik kesuburan. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin sering seseorang menggunakan handphonenya maka semakin rendah jumlah, kualitas dan ketahanan sperma. Bahkan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang terbiasa menaruh hp di saku celana dan ikat pinggang cenderung memiliki sperma yang lebih sedikit dan kurang berkualitas.

4. Glioma
Glioma adalah jenis tumor yang dimulai di otak atau tulang belakang. Gejala glioma tergantung pada bagian mana dari sistem saraf pusat terpengaruh. Sebuah glioma otak bisa menyebabkan sakit kepala, mual dan muntah, kejang, dan gangguan saraf kranial sebagai akibat tekanan intrakranial meningkat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan di Denmark, Finland, Norway, Sweden, dan Inggris menemukan bahwa orang yang menggunakan handphone selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko terkena glioma pada bagian kepala yang sering dipergunakan untuk menelepon. (IARC - International Agency for Research on Cancer; 2008)

- Ilmuwan dari Prancis dan Jerman melaporkan bahwa pemakaian handpone dalam jangka waktu yang lama dapat memperbesar terkena glioma. (Hours - 2007; Schuz Bohler Berg - 2006)

- Para pengguna handphone yang telah memakai selama 10 tahun atau lebih, memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena glioma dengan persentase sebesar 90 persen. (Hardell 2009; Kundi 2009)

- Penggunaan handphone 10 tahun atau lebih secara signifikan meningkatkan resiko terkena acoustic neuroma, semacam tumor otak pada sisi kepala yang digunakan untuk menelepon. (IARC 2008; Schoemaker 2005)

5. Gangguan pada ibu hamil
Radiasi ponsel juga dapat mengganggu janin dalam kandungan. Beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa radiasi hp dapat menggangu perkembangan otak janin serta menimbulkan perilaku hiperaktif ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Perilaku hiperaktif adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan. Selain itu, otak pada janin akan menjadi lemah khususnya untuk daya ingat. 

6. Gangguan tidur
Medan magnetik di sekitar ponsel yang menyala terus menerus bisa memicu kerusakan sistem syaraf yang berdampak pada gangguan saat kita tidur. Dalam jangka waktu yang lama kerusakan itu dapat mempercepat kepikunan.

0 Komentar untuk "Beberapa Efek Dari Radiasi Handphone Bagi Tubuh"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.