7 Langkah Menghemat Kuota Internet

 7 Langkah Menghemat Kuota Internet
Harga kuota yang mahal di Indonesia membuat para pemakai smartphone mencari cara untuk menghemat kuota internet. Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menghemat kuota internet. Sebagian dari anda mungkin sudah lama menggunakan berbagai cara menghemat kuota. Khusus bagi sobat yang belum mencoba langkah - langkah  menghemat kuota, maka sobat dapat mencobanya dengan langkah-langkah dibawah ini :

1.  Mematikan koneksi internet saat tidak digunakan
Agar menghemat kuota internet sebaiknya anda mematikan koneksi internet saat anda tidak memakainya. Disaat kita melakukan aktifitas kita sering lupa mematikan keneksi internet. Disamping dapat menghemat kuota, langkah ini juga dapat menghemat baterai.
7 Langkah Menghemat Kuota Internet
2. Mematikan auto-update Google Play Store
Anda dapat mematikan auto-update aplikasi dengan cara buka setting pada Google Play Store pilih auto-update, kemudian pilih Do not auto upadate Apps.

3. Matikan auto-sync
Karena Google sendiri pun mempunyai beragam layanan. seperti Contacts, Gmail, dan Calendar silahkan anda menonaktifkannya. Mematikan auto-sync dapat menghemat kuota, silahkan cari di menu setting.

4. Batasi Pemakaian Kuota
Fitur pengaturan ini sebenarnya sudah ada di smartphone yaitu pada data usage. Disitu anda dapat mengatur batas pemakaian kuota. Anda juga dapat melihat jumlah kb /mb kuota yang terpakai dari aplikasi-aplikasi smartphone anda. Jika itu belum cukup anda dapat memakai aplikasi lain seperti di artikel Pantau Kuota Dengan Trafic Monitor.

5. Aktifkan Opera Off-Road Mode
Langkah selanjutnya adalah menggunakan browser yang dapat menghemat kuota anda, kalau saya memakai opera. Anda dapat mendownload opera yang memiliki fitur off-road mode. Setelah anda mendownload dan menginstalnya, silahkan aktifkan menu off-road mode. Fitur ini dapat mengenskripsi data yang berjalan sehingga pemakaian kuota akan lebih hemat.
7 Langkah Menghemat Kuota Internet
Silahkan anda download Opera dengan off-road mode dibawah ini

6. Gunakan Opera Max
Opera Max dapat mengenskripsi data pada aplikasi yang berjalan pada smartphone anda. Aplikasi yang berjalan dan mengambil data di smartphone anda dapat anda lihat setelah anda mengaktifkan tombol Saving.  Pada tab Today, anda dapat melihat aplikasi yang berjalan dan jumlah data yang dipakai dari aplikasi tersebut. Jumlah data yang di pakai dan dienskripsi dapat anda lihat pada Used dan Saved.
 7 Langkah Menghemat Kuota Internet
Silahkan anda download Opera Max dibawah ini
Download Opera Max

7. Bijak dalam pemakaian
Salah satu yang menyebabkan kuota kita cepat habis adalah saat kita browsing dengan banyak membuka menu tab baru kemudian membuka halaman dengan banyak file - file gambar ataupun video. Jika anda hanya membutuhkan informasi tanpa memerlukan gambar, maka anda dapat menonaktifkan tampilan gambar pada browser anda.

Itulah langkah - langkah yang dapat anda coba dalam menghemat kuota, langkah - langkah tersebut juga saya lakukan untuk smartphone saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 Komentar untuk "7 Langkah Menghemat Kuota Internet"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.