Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Di Depan Komputer

 Mata lelah
Bagi Anda yang selalu berkutat di depan layar laptop atau komputer, biasanya akan sering mengalami mata terasa capek apalagi jika duduk berjam-jam didepan komputer. Pekerjaan yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer sebaiknya mengantisipasi beberapa hal agar tidak berdampak buruk kepada kesehatan mata.

Oleh karena itu, kita harus menjaga mata agar selalu tetap sehat. Nah untuk menjaga mata dari radiasi laptop ataupun komputer, ada baiknya Anda membaca beberapa tips agar mata tidak mudah cepat lelah saat didepan layar monitor.
  • Sebaiknya jaga jarak pandang dari monitor. Terlalu dekat antara mata dan monitor membahayakan bagi kondisi mata kita. Sebaiknya kita memberi jarak antara mata dan monitor LCD paling tidak jaraknya antara 50 s.d 100 cm dari mata kita.
     
  • Jika ada rejeki, kita bisa mengganti layar monitor jadul kita dengan LCD. Monitor tabung (CRT) dianggap memancarkan  efek radiasi yang cukup cukup tinggi untuk mata. Jika Anda masih  menggunakan layar CRT, ada baiknya jika mulai beralih menggunakan layar LCD karena selain memiliki daya listrik yang lebih rendah, monitor LCD juga memiliki tingkat radiasi yang lebih rendah.
     
  • Aturlah pencahayaan monitor LCD Anda baik pada panel di layar LCD maupun setting melalui komputer. Ubah-lah tingkat atau level brightness layar monitor lebih rendah, terkadang menjadi agak gelap, namun akan membuat mata kita lebih nyaman. Beberapa monitor memiliki fasilitas pre-set display mode untuk memudahkan agar pengaturan pencahayaan monitor tersebut lebih optimal.
     
  • Istirahatkan mata Anda kurang lebih setiap10 – 15 menit. Jangan terlalu memaksakan mata  memandang layar monitor dalam waktu yang lama. Istirahatkan barang sejenak mata Anda, misalnya bisa dengan menutup kelopak mata beberapa saat atau melihat suatu objek yang jauh selama 10 detik atau lebih. Anda bisa juga memanfaatkan waktu istirahat tersebut dengan membasuh muka, agar menjadi lebih segar dan tentunya lebih rileks untuk tubuh dan mata Anda.
     
  • Ada baiknya Anda mengunakan kacamata anti radiasi. Kita bisa membelinya dengan harga yang terjangkau di toko - toko kaca mata. Kaca mata ini cukup efektif mengurangi rasa lelah pada mata jika Anda terlalu lama didepan layar laptop. Anda bisa membandingkan sendiri saat berada di depan laptop. Bandingkan saat menggunakan kaca mata anti radiasi dan saat tidak menggunakannya
Itulah beberapa tips untuk menjaga agar mata kita tidak mudah cepat lelah saat berada didepan layar monitor komputer maupun laptop. Dengan artikel ini semoga bermanfaat bagi kesehatan mata Anda.


Sumber : www.acerid.com

0 Komentar untuk "Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Di Depan Komputer"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.