7 Tips Menjaga Baterai Laptop Tahan Lama

 7 Tips Menjjaga Baterai laptop Tahan lama
Baterai laptop merupakan komponen yang vital. Bagamana jika kita menggunakan laptop dengan baterai dengan kondisi yang mudah drop?Tentu itu akan merepotkan kita saat kita bekerja dengan mengunakan laptop khususnya saat kita tidak berada didekat sumber listrik. Oleh karena itu kita perlu menjaga agar baterai laptop kita tetap tahan lama dan tidak cepat rusak. Mungkin 7  tips menjaga baterai laptop agar tahan lama ini dapat  berguna bagi anda yag sering menggunakan laptop.

1. Charge Laptop 4 s/d 8 jam.
Jika laptop anda baru maka matikan laptop terlebih dahulu dan lakukan charge selama antara 4 s/d 8 jam sampai lampu indikator menunjukkan Full Charge ( biasanya lampu akan berubah menjadi Hijau)

2. Perhatikan Penggunaan Latop
Kekuatan laptop tidak bisa disamakan dengan pc atau komputer. Penggunaan laptop yang lama khususnya untuk aplikasi yang berat, misalnya editing video atau game akan berdampak bagi baterai laptop

3. Hindari Laptop mati dalam keadaan baterai kosong.
Hal ini perlu dihindari karena saat matipun laptop perlu suplai listrik. Hal ini berpengaruh pada ketahanan baterai. 

4. Tidak meletakkan laptop pada tempat yang semestinya.
Saat menggunakan laptop sebaiknya gunakan tempat yang tidak menghambat sirkulasi udara dari laptop ke luar bagian laptop. Hindari meletakan laptop di kasur atau bahan yang empuk  lainnya. Ini akan membuat laptop menjadi cepat panas. Anda bisa menggunakan pendingin dibawahnya sehingga laptop tidak bersentuhan langsung dengan alas.

5. Tidak Terlalu lama dalam mencharger
Saat mencharger laptop sebaiknya jika sudah 100% maka segera cabut kabelnya. Langkah ini akan meminimalisir agar baterai tetap awet, walaupun laptop sekarang sudah secara otomatis mati jika baterai laptop sudah penuh atau 100%.

6. Gunakan periode Sleep Laptop
Anda bisa mensetting periode sleep ini sesuai dengan kebutuhan pemakaian anda. Saat laptop tidak digunakan beberapa saat maka layar akan mati, sehingga akan menghemat baterai dan meminimalkan kerja hardisk laptop anda. 

7. Gunakan Setting Low Brightness
Gunakan seting brightness dengan tingkat pencahayaan yang rendah. Hal ini dapat meminimalisir penggunaan baterai disamping itu juga membuat mata kita tidak cepat lelah.

Itulah 7 tips menjaga baterai laptop agar tahan lama, semoga artikel ini bermanfaat.

0 Komentar untuk "7 Tips Menjaga Baterai Laptop Tahan Lama"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.