Misteri "Fur Elise" Karya Beethoven

 Beethove
Wina adalah salah satu kota yang sering menghasilkan musisi handal. Salah satu nya adalah Ludwig van Beethoven dilahirkan tahun 1770. Sebenarnya Beethoven dilahirkan dikota Bonn Jerman. Tetapi Beethoven memutuskan untuk menetap di Wina. Di masa kecilnya bakat musiknya sudah terlihat. Ayah Beethoven yaitu van Beethoven bekerja sebagai penyanyi tenor. Semasa kecil Beethoven selalu dipaksa oleh ayahnya untuk bermain piano. Ayahnya berharap suatu saat Beethoven menjadi seperti Mozart. Namun kepandainya tidak setara dengan Mozart pda usia yang sama.

Bethoven berguru pada Christian Gottlob Neefe dimana sang guru mengajarkan komposisi - komposisi dari karya milik Bach dan cara improvisasinya. Pada tahun 1783, beethoven menciptakan tiga sonata yang dedikasikan pada pangeran Franz. Pada tahun 1787 beethoven pergi ke Wina dan bertemu dengan Mozart dan memainkan piano didepannya. Mozart pun terkesan atas permainan Beethoven. Ia mengatakan bahwa suatu saat Beethoven akan menjadi musisi besar.

Karya karya Beethoven yang terkenal adalah Sonata in C Major "Pathetique", Op. 13. sonata piano 'Moon light Sonata', Welche Liebe Fuhle' milik mozart, 'Quintet Op. 18'. Pada tahun 1802, Beethoven kembali bangkit dan menciptakan karyanya lagi yaitu 'Piano Concerto in E bes Major, Op. 37' dan juga 'Violin Sonata Op.47'. Beethoven juga menciptakan lagu dengan gaya - gaya baru. Pada ciptaanya terdapat lagu dengan tempo mars. Hal ini tidak terjadi mada masa - masa sebelumnya. Beethoven dianggap sebagai musisi yang menghasilkan karya - karya besar. Karyany merupakan kombinasi perasaan yang mendalam dengan keahlian bermusik yang tinggi. Salah satu mahakarya Beethoven berjudul Fur Elise merupakan maha karya yang dianggap memiliki kisah tersendiri. Dimana judul Fur Elise sebenarnya adalah "Für Therese". Yang dimaksud Therese disini adalah Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza (1792-1851), wanita yang ingin dinikahi Beethoven tahun 1810. Sayangnya, ia menikahi pria lain sebelum Beethoven menyatakan perasaan cinta kepadanya.

Pada tahun 1802-1815 Beethoven mulai beristirahat dari aktivitas musiknya karena gangguan pendengarannya. Gangguan pendengarannya semakin parah. Ia bahkan kesulitan untuk mendengar.
Kepercayaan diri Beethoven mulai menurun. Ia takut bertemu dengan orang dan benar-benar menjadi seorang yang tuna rungu. Ia tidak pernah lagi bergaul dengan masyarakat. Dalam keadaan tersebut ia tetap berusaha menciptakan karya musik. Waktu terus berjalan, karya - karyanya terus menjadi perhatian dan populer di negaranya. Tetapi dengan penyakitnya ia semakin menderita, tidak menjadi komponis populer seperti yang seharusnya, tetapi hanya karya - karyanyalah yang populer.

Diusianya yang ke 49 Beethoven menjadi tuli total. Pada tahun 1826, Beethoven mengalami demam tinggi yang ternyata disebabkan oleh penyakit gagal ginjal. Pada tanggal 26 Maret 1827 akhirnya Ludwig van Beethoven meninggal dunia.

Itulah kisah singkat mengenai Ludwig van Beethoven, silahkan anda baca kisah tokoh musik klasik lain Mozart.

0 Komentar untuk "Misteri "Fur Elise" Karya Beethoven"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.