7 Aplikasi Penghemat Baterai Android

Bagi anda pengguna smartphone tentu sering mengalami jika smartphone yang anda pakai baterainya cepat habis. Hal ini bisa dikarenakan berbagai aplikasi yang anda pakai  misalnya mendengarkan musik, melihat video, bermain game  dan yang biasanya terasa paling menguras tenaga baterai adalah pemakaian internet. Dengan smartphone yang terkonek internet maka smartphone ini akan bekerja ekstra untuk mendapatkan sinyal, apalagi bersamaan dengan menghidupkan hotspot, hal inilah yang menyebabkan baterai cepat terkuras. Untuk itu kita perlu menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan kita agar dapat menghemat baterai.

Berikut aplikasi penghemat baterai android.

 1. DU Battery Saver & Widgets
Memiliki rating yang tinggi di Playstore aplikasi ini dirilis dalam versi gratis dan sekaligus terdapat dalam versi berbayar untuk versi PRO yang dibanderol dengan $2,99 USD, tapi dengan menggunakan versi free dari aplikasi DU Battery Saver sendiri sudah baik untuk menghemat baterai android.

Keunggulan aplikasi DU Battery Saver terletak pada adanya beragam pilihan mode pre-set battery power management serta kemudahan dalam penggunaan aplikasi melalui one-touch controls.

2. Android Booster
Android Booster merupakan salah satu aplikasi penghemat baterai android. Aplikasi Android Booster adalah salah satu aplikasi Android yang cukup populer dalam menyediakan berbagai fungsi yang dimana fungsi tersebut tidak hanya terbatas pada tujuan untuk menghemat baterai android, namun juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja ponsel Android.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fungsi seperti : dongkrak kinerja memory, aplikasi manager, task killer, monitoring baterai, dan trafik data.

3. Easy Battery Saver
Apliksi Easy Battery Saver hampir sama dengan DU Battery Saver, namun yang aplikasi ini user friendly atau mudah digunakan dengan memberikan "quick status" pada halaman utama aplikasi tersebut dalam mengenai kondisi daya terkini pada baterai android.

Easy Battery memberikan kesederhanaan, kemudahan serta kekuatan dalam penghematan baterai.

4. JuiceDefender
JuiceDefender memiliki banyak sekali konfigurasi aplikasi yang disusun secara rapi dan sedemikain rupa memiliki use interface yang dapat dengan mudah digunakan dalam menghemat daya baterai android Anda.

Aplikasi JuiceDefender akan mengatur CPU smartphone android dengan menggunakan skala kinerja tertentu sehingga saat smartphone tidak digunakan maka prosesor tidak mengkonsumsi banyak daya dari baterai.

5. Battery Doctor
Battery Doctor akan memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam mengatasi urusan penghematan daya baterai. Aplikasi Battery Doctor tidak hanya dirancang untuk bertujuan dalam mempercepat perangkat smartphone Anda, tetapi Battery Doctor juga memiliki fitur built-in task killer yang dapat dengan otomatis menghentikan berbagai aplikasi banyak mengkonsumsi daya battery.

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk memberikan report mengenai berapa jumlah daya baterai yang tersisa, namun secara akurat aplikasi Battery Doctor ini juga akan menampilkan berapa banyak daya yang tersisa setelah mematikan fitur pada smartphone android Anda, seperti : Bluetooth, data seluler, GPS, Wi-Fi, dan lain sebagainya.

6. Battery Guru
Aplikasi Battery Guru hanya bisa digunakan pada smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon buatan Qualcomm. Aplikasi ini memiliki sedikit opsi yang dapat diatur oleh pengguna, hal ini karena memang itulah tujuan dari penggunaan aplikasi ini. Pada saat pertama diinstall, aplikasi Battery Guru akan menjalankan proses pertama yaitu learning mode selama 2 hari. Dalam masa proses pertama tersebut, aplikasi Battery Guru akan mempelajari berbagai kebiasaan Anda dalam menggunakan smartphone itu. Kebiasaan seperti kapan menyalakan fitur Wi-Fi dan sebagainya.

Aplikasi ini akan mengambil data lokasi Anda yang akan dipergunakan dalam mendeteksi tempat di mana menyalakan Wi-Fi. Bahkan, aplikasi Battery Guru akan mematikan secara otomatis koneksi Wi-Fi ketika sudah tidak tersedia lagi.

7. Battery Defender
Battery Defender merupakan salah satu aplikasi gratis dengan fitur yang cukup banyak. Selain itu, aplikasi ini juga akan menyediakan akses cepat terhadap sejumlah konektivitas seperti : GPS, koneksi data seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth, yang dapat Anda hidupkan atau matikan dengan mudah.

Fitur lainnya adalah Genius Scan, yang dapat membolehkan sinkronisasi aplikasi setiap kurun waktu 15 menit. Ada juga fitur Quiet Sleeping, yang bermanfaat untuk mematikan Wi-Fi serta koneksi data seluler pada malam hari.


Itulah 7 aplikasi penghemat baterai android yang mungkin dapat membantu smartphone Anda dalam mengatasi baterai yang boros. Dengan adanya beberapa fitur di aplikasi penghemat baterai kita dapat menghemat daya baterai.

0 Komentar untuk "7 Aplikasi Penghemat Baterai Android"

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.