5 Tempat Wisata Unggulan Di Temanggung

1.  Sindoro dan Sumbing

Sindoro dan Sumbing merupakan dua Gunung yang letaknya berdekatan, Tinggi Gunung Sumbing kurang lebih 3.340 m (dpl), terlihat sedikit lebih tinggi dari Sindoro (3.155 m dpl). Gunung Sumbing berada disebelah barat daya kota Temanggung dan juga sebelah Timur kota Wonosobo. Sedangkan Sindoro ada disebelah barat laut kota Temanggung dan Timur laut dari kabupaten Wonosobo. Masyarakat di kedua daerah tersebut menyebut gunung Sindoro dan Sumbing sebagai Gunung kembar. Keduanya menyimpan banyak potensi wisata yang besar, meskipun belum semuanya dapat dikelola secara maksimal.

2. Pikatan Water Park
Ini dia tempat wisata primadona baru di Temanggung. Terletak tidak terlalu jauh dari terminal kota Temanggung. Pikatan Water Park menjadi  wisata unggulan dimasa depan dan ikon dunia wisata daerah itu. Dulu merupakan tempat bermain aku sewaktu masih kecil, karena tempat tinggal ku didekat lokasi kolam renang tersebut.

Di sekitar lokasi obyek wisata tersebut sudah mulai dibangun kios – kios cenderamata dan aneka kuliner khas Temanggung, misalnya pecel mie he..
Area parkir juga sudah tersedia cukup luas untuk menampung pengunjung. Pada saat liburan bisa dipastikan pengunjung akan membludak. Obyek wisata ini juga memdapat perhatian dari daerah setempat untuk terus dikembangkan.

3. Candi dan Prasasti Gondosuli
Prasasti Gondosuli merupakan salah satu obyek wisata sejarah di temanggung. Para wisatawan bisa memperoleh gambaran mengenai kehidupan sosial budaya masyarakat Temanggung tempo dulu. Prasasti ini terletak di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia

4. Curug Lawe
 
Curug Lawe  terletak di kawasan utara Kabupaten Temanggung. Tepatnya di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang. Kecamatan ini berbatasan dengan Kabupaten Kendal.

Perjalanan menuju lokasi  ditempuh dengan jarak sekitar 26 km dari kota Temanggung kea rah utara.
Disekitar objek wisata tersebut terdapat buah khas daerah tersebut  yaitu cendul (buah kepel), yang jarang dijumpai di daerah lain. Saat musim tiba wisatawan bisa memetik buah kepel dari pohonya secara gratis dan menyegarkan.

5. Jumprit
 
Pada  awal 1980-an, jumlah pengunjung lokal terus berdatangan, terutama mereka yang ingin berziarah ke makam Ki Jumprit dan mandi kungkum di Umbul Jumprit. Pada tanggal 18 Januari 1987, Pemerintah Kabupaten Temanggung menentapkan Jumprit sebagai Kawasan Wanawisata. Jumprit  dikaitkan dengan legenda Ki Jumprit yang merupakan ahli nujum di Kerajaan Majapahit. Ki Jumprit bukan hanya dikenal sakti, tetapi juga salah seorang putra Prabu Brawijaya, Raja Majapahit.

3 Komentar untuk "5 Tempat Wisata Unggulan Di Temanggung"

Di Temanggung banyak tempat rekreasi yang bisa di kunjungi bareng keluarga. keren.

kunjungi juga http://progotemanggungrivertubing.blogspot.co.id/
yang suka tantangan aman dan menyenangkan..

ayo kenali sungai progo temanggung dengan tubing bersama keluarga dan temanmu http://progotemanggungrivertubing.blogspot.co.id/

Terima kasih sudah berkunjung, silahkan meninggalkan komentar yang sopan, Copy paste harap disertai link sumber.